About these ads
jump to navigation

Fakta Penting Revisi New V-ixion, Tak Hanya Berubah Tampilan … December 18, 2012

Posted by fauzi nur c in New V-ixion.
Tags: , , , , , , ,
trackback

2013-New-Vixion

Brosis sekalian, kembali lagi dengan bahasan 2 produk fenomenal kelas sport di indonesia yang beberapa saat lalu diluncurkan berurutan. Semoga nggak bosan ya untuk membacanya. Kali ini dimulai dengan revolusi New V-ixion.

Baik CB150R dan New V-ixion nyatanya berbeda dengan generasi sebelumnya. Maksudnya, CB150R beda dengan New CBR150R, begitu pula dengan New V-ixion yang berbeda dengan V-ixion.

Apa yang berbeda dari New V-ixion? Jelas banyak yang berbeda mengingat Yamaha melakukan perubahan besar-besaran layaknya New Jupiter MX dahulu. New V-ixion tetap dibekali sistem Fuel Injection ala yamaha, namun juga banyak revisi yang dilakukan untuk motor anyar ini.

Maklum brosis, dengan komposisi mesin yang sama, yamaha dihadapkan pada kenyataan bahwa New V-ixion memiliki beban berbeda pada bagian velg dan ban. Velg New V-ixion mengadopsi tapak lebar yang otomatis ban juga menyesuaikan berukuran gambot demi mendukung motor dalam segi penampilan.

Inilah yang mendasari yamaha mengubah racikan mesin New V-ixion. Melalui spesifikasi power dan torsi, terdapat kenaikan yang signifikan dari New V-ixion dibanding versi lamanya. Kok bisa? Yah, tak ada yang tak mungkin kan. Itulah mengapa yamaha berani mengklaim bahwa New V-ixion memiliki konsumsi bahan bakar lebih irit sampai 11% dari generasi sebelumnya.

O2-Sensor-New-Vixion

Pertama, rubahan sektor mesin yang mendukung peningkatan tenaga dan efisiensi bahan bakar diantaranya adalah O2 Sensor (Sensor Oksigen), dengan teknologi ini setiap keluaran gas buang yang menuju saluran buang knalpot akan mendapatkan revisi berulang melalui O2 sensor yang dikirimkan ke otak pengapian ECU. Sinyal dari ECU akan terkirim kembali ke sistem pengkabutan injeksi sehingga semaksimal mungkin FI akan bekerja menghasilkan campuran bahan bakar + udara yang ideal. Hasilnya akan meminimalisir bahan bakar terbuang percuma sehingga efisiensi bahan bakar dapat tercapai.

Kedua, tak hanya penambahan O2 sensor yang dilakukan yamaha untuk meningkatkan kinerja sistem injeksinya. Namun dukungan lainnya adalah pada suplai udara dari box filter yang disempurnakan dengan cara meningkatkan volume box filter hingga 11%, so efisiensi bahan bakar akan mampu meningkat 11%, klaim yamaha.

kabel-speedo-dihilangkan-ganti-sensor

Revisi ketiga selanjutnya dari New V-ixion adalah Tire Rolling Resistance. Hal ini cukup menarik karena akan pula mengubah desain di sektor speedometer. Jika brosis perhatikan, New V-ixion tak lagi menggunakan kabel speedometer di roda depan. Melainkan yamaha menggantinya sehingga kecepatan akan dibaca oleh sensor di transmisi dalam mesin. Dengan model ini pastinya akan mengurangi hambatan dari putaran roda dibandingkan dengan penggunaan dengan kabel menuju roda. Meskipun efeknya kecil, setidaknya sudah mengurangi sedikit hambatan roda dari New V-ixion.

Perbandingan-Power-Torsi

Keempat,  terjadi kenaikan signifikan pada dapur pacu New V-ixion. Ternyata New V-ixion disempurnakan melalui pengaplikasian long stroke. Jika bore adalah rubahan pada dimensi lebar piston, maka penambahan stroke adalah langkah naik turun piston yang diperpanjang. Inilah yang dilakukan yamaha sehingga mampu meningkatkan kapasitas torsi lebih jos dari generasi sebelumnya bahkan lebih baik dari rivalnya CB150R.

Penambahan-panjang-wheelbase-dan-pergeseran-titik-berat

Kelima, revisi lain yang dilakukan yamaha setelah ubahan mesin dan FI nya adalah pada sektor kaki-kaki New V-ixion. Menurut data yang ada, yamaha telah melakukan pemindahan terhadapt titik berat New V-ixion. Dibandingkan v-ixion lama, New V-ixion memiliki wheelbase (jarak sumbu roda depan dan belakang) lebih panjang 18 mm sehingga yamaha mengklaim terjadi pergeseran titik berat kedepan sebesar 1,7 % sehingga dari ubahan ini berimbas pada handling motor yang lebih ringan.

Ke-enam, peningkatan torsi New V-ixion akan terasa percuma jika tak dibarengi dengan perubahan final gir rasio nya. Oleh karena itu, selain meningkatnya torsi, yamaha sengaja mengganti final gir rasio New V-ixion menjadi 14-43 dari sebelumnya 14-42, terjadi peningkatan 0,017. Perubahan ini tentunya akan membuat ringan mesin motor kala harus menarik beban roda yang sudah mengaplikasikan ban besar ukuran 120. Sehingga akselerasi akan terasa galak, setidaknya sama dengan vixion lama meski telah dibebani ban gambot.

Ke-tujuh, semua pasti tahu desain kunci kontak New V-ixion. Yup, desain kunci kontak model anyar New V-ixion menempel di ujung tangki bahan bakar. So, tampilan dashboard speedometer menjadi terlihat lebih bersih tanpa adanya kunci kontak dan aksesorisnya yang bergelantungan. Nah, perubahan konfigurasi ini diklaim oleh yamaha mampu mengurangi bobot steering dari 800gram  menjadi tersisa 300gram. Tentunya ubahan ini turut menyumbang ringan nya handling New V-ixion.

Hmm, ternyata banyak juga ubahan New V-ixion. Detail perubahan New V-ixion ini seolah bertujuan menepis anggapan miring bahwa yamaha hanya mengganti New V-ixion hanya dari segi tampilan. So, gimana dengan CB150R? Akan kita bahas di artikel selanjutnya. (fnc)

Sumber Referensi : gilamotor, otomotifnet, detik

About these ads

Comments»

1. keponakannya ingwran bayarman - December 18, 2012

joss

2. arwanao - December 18, 2012

mantap reviewnya mas bro…
sip…..

fncounter - December 18, 2012

matur suwun masbro..

3. Busa_tio - December 21, 2012

Nambahin ya mas bo,
– Speedometer, ordometer dari analog berubah jadi digital
– Rem belakang dari tromol berubah cakram
– Selain velg dan ban tambah lebar, dari bannya dari jenis tube tire berubah jadi tubeless
– Handle bar belakang dari model batang besi berubah menjadi satu kesatuan dengan body. (fitur ini menurutku masyarakat awam ngga pada ngeh/tahu)

Memang banyak sekali perubahannya pada New V-ixion ini.


Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 569 other followers

%d bloggers like this: