About these ads
jump to navigation

Kena Tilang ?? Slip Biru Solusinya [Plus NOTE] December 14, 2011

Posted by fauzi nur c in Lalu Lintas.
Tags: , ,
trackback

Tilang….. Inilah fenomena menarik dari negeri tercinta ini. Tilang merupakan aksi dari aparat polisi lalu lintas untuk semua masyarakat yang melanggar lalu lintas entah apapun bentuknya.

Yang menarik, ternyata masyarakat sendiri juga cuek dengan yang namanya tilang. Kebanyakan dari kita semua lebih memilih jalan damai (suap) saat terkena tilang. Gimana bisa bersih negeri ini, lha wong di lingkungan kita sendiri suap merupakan hal biasa seperti yang saya contohkan sebelumnya. Pun begitu banyak juga masyarakat yang belum paham dengan blangko/slip tilang yang biasa disodorkan petugas. Kebanyakan kita pasrah, tanpa tahu arti dari slip tilang tersebut.

Ada 2 macam warna dari slip tilang, yaitu merah dan biru. Keduanya mempunyai makna yang berbeda sehingga mekanisme cara pembayaran dendanya pun juga berbeda.

1. SLIP MERAH

Surat/Blangko tilang ini diberikan apabila terjadi kesalahan di jalan raya dan pengendara yang bersangkutan tersebut tidak mengakui kesalahannya (mangkir) yang disebutkan oleh petugas lalu lintas (POLANTAS) dan akan dikenakan denda sesuai dengan beratnya kesalahan yang telah dilakukan melalui proses pengadilan.

2. SLIP BIRU

Surat tilang ini diberikan apabila terjadi kesalah di jalan raya dan pengendara mengakui kesalahannya (tidak mangkir) yang disebutkan oleh petugas lalu lintas (POLANTAS) dan dikenakan denda maksimal Rp 50.600,- (Lima puluh ribu enam ratus rupiah) serta dapat dibayarkan melalui Bank yang ditunjuk tanpa harus melalui proses pengadilan. Hal ini berarti Rp 50.000,- masuk ke kas negara dan Rp 600,- untuk petugas yang menanganinya dan itupun baru bisa diambil pada bulan berikutnya.

Masalah warna Blanko Surat Tilang ini diatur dalam Buku Petunjuk Teknis Tentang Penggunaan Blanko Tilang (Lampiran SKEP KAPOLRI Skep/443/IV/1998)(Halaman 18) yang isinya :

e. Terdakwa:

1. Menandatangani Surat Tilang (Lembar Merah dan Biru) pada kolom yang telah disediakan apabila menunjuk wakil di sidang dan sanggup menyetor uang titipan di Bank yang ditunjuk.
2. Menyetor uang titipan ke petugas khusus bila kantor Bank (BRI) yang ditunjuk untuk menerima penyetoran uang titipan terdakwa (pelanggar) tutup, karena hari raya/libur, dan sebagainya.
3. Menyerahkan lembar tilang warna biru yang telah ditandatangani/dicap petugas kepada penyidik yang mengelola barang titipan tersebut.
4. Menerima tanda bukti setor dari petugas khusus (Polri) apabila peneyetor uang tititpan terpaksa dilakukan diluar jam kerja Bank (BRI).
5. Menerima penyerahan kembali barang titipannya dari penyidik/petugas barang bukti/pengirim berkas perkara berdasarkan bukti setor dari petugas khusus atau lembaran tilang warna biru yang telah disyahkan oleh petugas Bank (BRI).
6. Menerima penyerahan barang sitaannya dari petugas barang bukti setelah selesai melaksanakan vonis hakim (dengan bukti eksekusi dari Eksekutor/Jaksa dan melengkapi kekurangan-kekurangan lainnya (SIM, STNK/kelengkapan kendaraan).

Nah dari penjelasan diatas, alangkah baiknya kita tak menyangkal tentang kesalahan kita yang sudah disebutkan petugas karena kita bisa mendapatkan Slip Biru tersebut.Dengan begitu kita akan membayar denda langsung ke kas negara. Bila saat kita mengakui kesalahan dan petugas tetap memberi slip Merah, maka kita berhak meminta slip Biru terhadap petugas tersebut. Jangan pernah takut mzbro, karena kita sebagai warga negara juga berhak mendapat keadilan.

Tak perlu lagi membudayakan menyuap petugas, karena bersih tidaknya negeri ini bukan tergantung dari jajaran parlemen atau pemerintah saja. Namun masyarakat juga memegang peranan penting demi terciptanya lingkungan bersih negeri ini dari suap menyuap. Semoga Berguna. (fnc)

NOTE :

Dahulu, SLIP Biru memang menjadi sarana yang memudahkan pelanggar lalu lintas untuk tidak mengikuti sidang. Dengan cara diberikan denda ditempat (* Jumlah nominal denda belum dibebankan denda maksimal) oleh petugas (polisi) yang kemudian dibayarkan lewat bank yang ditunjuk dan kemudian kita memperlihatkan slip pembayaran denda. Setelah itu barulah SIM/STNK yang ditahan bisa diambil kembali.

Lain halnya saat ini, dimana pengertian SLIP BIRU adalah pelanggar dibebankan denda maksimal. Bila msbro/sis rela membayar denda maksimal tanpa mempermasalahkan bagaimana mengurus kembalian, monggo dipilih slip biru sebagai solusi untuk tidak ribet menghadiri sidang. Bila msbro/sis bermaksud mengurus kembalian denda yang dibayar pada slip biru, saya sarankan lebih baik Pilih SLIP MERAH. Mengingat bila mengurus kembalian slip biru maka msbro/sis tetap datang ke persidangan, dan itu malah akan membuat semakin ribetnya prosedur yang akan dilalui.

Terima Kasih Kunjungannya ke Blog sederhana ini. Semoga Berguna.

About these ads

Comments»

1. dalil - December 14, 2011

stnk mati 1thn polisi berhak nilang gak ji?

fncounter - December 15, 2011

Harusnya nggak berhak mzbro, stnk itu berhubungan dengan pajak kendaraan. Yang lebih berwenang ya Dispenda.

dalil - December 15, 2011

brrti bisa dipastikan g ada pasalnya?

fncounter - December 15, 2011

Gak ada pasal yang benar2 menjelaskan hal tersebut. Dan Petugas Lapangan juga tidak memiliki hak menindak matinya pajak stnk tersebut.

Lain halnya bila pajak motor kita mati sampai 2 tahun, maka petugas berhak menilang karena STNK sudah dianggap tidak berlaku dan kendaraan tersebut bisa di anggap kendaraan gelap/curian.

diko - March 18, 2012

berhak bro.. krn urusan stnk itu sdh ranah polisi jg, berkaitan dgn fisik kendaraan.. kl pajak stnk yg telat baru mereka nggak berhak nilang, karena itu urusan dispenda

gerry - June 25, 2013

siang mass broo ..
hari ini saya kena tilang gara” saya mengakui klo sya memang salah gara” masuk jalur busway..dan saya meminta slip biru agar tidak perlu mengikuti sidang,, dan ternyata ketika saya minta slip biru saya dikenakan denda 500.000..ko lebih mahal langsung bayar dari pada mengikuti sidang?… dan saya mau tanya bila saya dapat slip biru terus saya mau mengikuti sidang apakah bisa?.. thx

fncounter - June 28, 2013

Monggo dibaca lagi secara lengkap :) , berikut dengan pengalaman rekan-rekan pengunjung disini…

2. andi - January 14, 2012

Mohon maaf sya hnya ingin sharing pengalaman saya,sya mengendarai mobil masuk jalur busway dan sya minta slip biru.
Yang sya mau tanyakan :
1. Apa benar denda yg hrus sya bayar 500rb dngan pasal 281 ayat 1
2. Pas ditilang yg disita hanya SIM A sja tapi yg di check list oleh petugas adalh SIM A dan STNK,bagaimana urusan nya?
3. Kalo sya mau buat SIM A baru lagi bisa Ga tanpa harus mengurus SIM A sya yg sudah ditilang?
Terimakasih.

fncounter - January 16, 2012

Meminta slip biru berarti msbro sadar akan kesalahan yang dilakukan, dan itu hak msbro untuk mendapatkannya.

1. Denda yang tertera pada suatu pasal adalah denda maksimal yang harus dibayarkan. Tentunya itu melihat dari record tilang kita. Menimbang hal tsb, denda yang kita bayarkan tidak akan sampai pada denda maksimal.

2. Sebagai Masyarakat yang melek hukum, patutnya kita lebih kritis. Tanyakan kenapa yang check list berbeda dengan kenyataannya karena kalau dibiarkan saja bisa membebani msbro misal saat sidang.

3. Alangkah baiknya diurus msbro. Bila dalam satu regional msbro mengurus SIM baru lagi, maka akan diketahui bahwa sebelumnya msbro sudah memiliki SIM. Nah dimanakah SIM tersebut? Ini akan menjadikan masalah baru untuk msbro sendiri.

agung - November 3, 2012

Pasal 281
Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).

semoga membantu

3. arin - January 28, 2012

Kemarin sy kena tilang krn salah belok, harusnya g boleh belok kiri sblm jam 18.00 tp sy g liat jamnya..
Trus lsg di tawarin mo sidang apa bayar ke polisinya, kemudian sy minta slip biru, kata polisinya kl slip biru bakal di kasi denda maksimal 500rb (di tunjukin jg aturannya dendanya)..pdhl sy baru pertama kali kena tilang, kl gt gmn kita mbela dirinyaa?? Ada pasal yg jelas g biar cm bayar 50rb itu? Soalnya ma polisinya lsg blg bakal di kenai denda maksimal, jd mending damai -___-

fncounter - January 28, 2012

@ arin

Ini bro/sis ya. Sebelumnya terima kasih atas kunjungannya ke blog ini. Menanggapi masalah yang bro/sis hadapi, memang sekarang makna slip biru sedikit berubah. Skrang lebih bermakna kita membayar denda maksimum atas kesalahan kita ke bank sehingga kita tidak perlu menghadiri sidang.

Denda maksimal bisa beragam antara 100rb,500rb sampai 1 juta. Tapi jangan panik, denda maksimal 500rb yang disodorkan petugas tersebut tidak hilang semua jika bro/sis arin mengikuti sidang untuk mengetahui vonis dendanya, biasanya dibawah sekitar 50rb. Kemudian anda akan mendapat kwitansi dari pengadilan tentang denda yang didapat.

Setelah mendapat kwitansi dari pengadilan tersebut, kembalilah ke bank yang saat anda membayar denda maksimal. Tunjukkan kwitansi dari pengadilan tadi untuk mengambil kembalian dari bank. Maka anda akan mendapat kembalian sebesar 450rb.

Memang prosedurnya terkesan rumit. Setidaknya kita tidak membudayakan korupsi dengan menyogok petugas untuk jalan damai. Sekarang keputusan terserah anda, ingin slip biru atau slip merah. Yang jelas jangan membudayakan menyogok petugas walau cara ini memang efektif untuk terhindar dari persidangan.

4. Arhee - January 28, 2012

saya habis kena tilang gara-gara tidak menyalakan lampu di siang hari. awalnya sempat debat dulu sama polisi gara-gara minta slip biru. karena saya pernah baca dari beberapa sumber kalau minta slip biru uangnya masuk ke kas negara dan prosesnya lebih mudah….. tapi dendanya itu lho… mahalnya minta ampun. apalagi buat kantong2 mahasiswa seperti saya… berat banget rasanya.
emang bisa ya kita minta kembalian setelah ikut sidang??? padahal kalau slip biru kita kan gak dateng sidang.
mohon penjelasannya….

fncounter - January 28, 2012

Makna slip biru saat ini memang berbeda yaitu bermakna kita membayar denda maksimum atas kesalahan kita ke bank sehingga kita tidak perlu menghadiri sidang.

Dari pernyataan saya diatas bisa diartikan, bayar denda maksimal dan tidak perlu mendatangi sidang.

Namun bila menginginkan kembalian, maka msbro bisa mendatangi sidang. Tidak seperti dahulu lagi dimana denda slip biru tersebut ditentukan oleh petugas penilang melalui pasal yang ditentukan.

Bila dicermati, peraturan yang saat ini berlaku bertujuan membuat jera pelanggar. Dari beberapa forum, ada seorang polisi yang menganjurkan lebih baik mendapatkan slip merah bila tak ingin ribet mendapatkan kembalian dari pengurusan slip biru.

5. Aji - January 28, 2012

apabila ada razia lantas pelajar menunjukkan kartu pelajar yang mana ia menunjukkan tahun kelahiran yang blm mencukupi untuk pembuatan SIM,maka dia tidak kena tilang(toleransi dari polantas…

Benarkah itu ??? salnya saya juga blum buat sim…

fncounter - January 28, 2012

Msbro sendiri umur brapa? minimal sekurang2nya surat ijin mengemudi dapat dibuat bila berumur 17th untuk SIM C dan Sim D.

Untuk yang anda sebutkan tentang toleransi tersebut, saya sendiri belum pernah mendengarnya. Yang jelas bila belum mencukupi untuk pembuatan SIM maka orang tersebut belum berhak mendapatkan surat ijin mengemudi.

Dan itu artinya pengemudi tersebut telah melanggar pasal-pasal yang menjelaskan tentang persyaratan mengemudi. Bisa dilihat di UULAJ No.22 2009 Bab VIII tentang Pengemudi, pasal 77 dst.

Aji - January 29, 2012

masih 16th. jadi kalupun da rzia ttp bisa kena donk…

fncounter - January 29, 2012

Pastinya seperti itu bro. Sesuai peraturan yang berlaku, sejauh tak memiliki SIM pasti akan ditilang.

6. herry - February 2, 2012

sim c ane ditilang di daerah tangerang -+ 2 thn lalu kira kira msh ada ga yah… sim c ane skr ane rencana mau tebus krn skr ane sdh krj tetap klo dulu msh ngojek.

fncounter - February 2, 2012

Melihat dari tenggang waktu 2 tahun tersebut kemungkinan berkasnya masih ada msbro. Coba ditanyakan ke pihak kepolisian dahulu untuk konsultasi dan memastikan berkas tilang tersebut masih ada atau tidak.

7. Tandjoeng - February 3, 2012

Mas bro ribet banget klo gitu……..

fncounter - February 3, 2012

Monggo dicari yang termudah buat msbro sendiri. Saya hanya ingin mengajak semua orang untuk tidak membudayakan korupsi. Sebenarnya denda dengan slip biru nggak ribet kalau msbro nggak mengharap kembalian dari denda yang disangsikan.

Tapi ya itu tadi, kalau msbro mengharap kembalian. Mending saat kena tilang misalnya, lebih baik msbro meminta slip merah saja. Pastikan jangan membudayakan korupsi dengan menyogok petugas lapangan.

8. sismanto - February 5, 2012

saya kena tilang di lampu merah RSPP,saya mau menuju barito ttp ambil lajur kanan dan kena tilang 500rb, karena saya ngotot minta slip
warna bitu itupun tdk mudah diberikan oleh polisinya dgn alasan kalau bp ambil surat wrn biru nanti repot dengan logat b.simanjuntak-nya.
polisi itu berusaha menggiring sy agar mau damai,tp sy tdk mau.
apakah sy harus banyar semahal itu hanya krn melanggar marka jln????

fncounter - February 5, 2012

SLip biru sekarang memang berubah arti dari arti terdahulu. Kalau memang terlanjur dg memilih slip biru dan bro sismanto menginginkan kembaliannya, monggo dibaca lagi prosedur pengambilan kembalian pada artikel diatas dan komentar dari beberapa kawan yang mengalami masalah yang serupa. Dan bila menginginkan kembalian, artinya sama dengan msbro meminta slip merah.

9. vino bastian - February 7, 2012

ribet amat ikut sidang.. buang2 waktu.. kalo kena tilang, damai aja, paling 50 ribu.. mana ada sih polisi nolak uang.. wong gaji mereka aja kecil….

fncounter - February 8, 2012

Semua terserah individu masing2 msbro. Saya cuma ingin mengajak semua untuk tidak membudayakan korupsi dg menyogok petugas supaya terhndar dari hukuman.

10. rinaharumlistya - February 9, 2012

Tadi sore saya kena tilang karena ga sengaja nginjek marka jalan.
saya minta slip biru. Setelah debat panjang,akhirnya saya dikasih juga slip birunya, disuruh bayar di BRI cabang X.
Saya tanda tangan slip nya yang putih, nah.. pas mau nyabut slip birunya, si polisi tulis sendiri pake pulpen tulisan ‘Rp. 500.000,-’ di checkbox nominal.

Karena bank udah tutup, jadi belum dibayarkan.
Pertanyaan saya gan :
1. Klo bayar di BRI cabang lain boleh kah?
2. Klo ga bayar di BRI, bayar waktu sidang aja apa bisa?
3. Kebetulan saya ga bisa dateng sidang karena harus kembali ke daerah asal. maunya biar temen aja yang dateng sidang. Itu slip birunya dibawain ke dia ya?
4. Itu dia nulis pake pulpen di slip saya, ada pengaruhnya ngga sama denda yang nanti bakal dikenain ke saya?

Makasih sebelumnya ya …

fncounter - February 11, 2012

1. Boleh msbro.
2. Kalau prosedur slip biru memang membayar dahulu ke bank yang ditunjuk. Kemudian, bila msbro menginginkan kembalian baru msbro datang sidang untuk melihat denda yang harus dibayar dan kemudian dilanjutkan mengurus kembaliannya.
3. Biasanya kalau datang sidang harus yang bersangkutan sesuai identitas SIM.
4. Yang ditulis tersebut sesuai denda maksimal. Kalau vonis denda yang akan dibayar pada sidang itu denda minimal msbro.

Terima kasih.

Totok - November 2, 2012

Pas dateng ke sidang (dlm rangka minta kembalian denda), apa yg harus kita bawa? Slip birukah? slip merahkah (Slip merah kan dibawa pak polisinya). Atau bagaimana?

fncounter - November 2, 2012

Jelas slip biru masbro, kalo slip merah kan memang harus datang sidang. Jangan lupa bawa juga bukti pembayaran denda maksimalnya juga.

11. ryduant - February 10, 2012

Mas bro..
Hari ini Saya kena tilang & udah minta slip biru. Trs didenda 100rb dan udah saya bayar ke BRI & saya fotocopy bukti setoran tsb. Yg jd pertanyaan saya, kapan saya bs ambil sim saya & uang kembalian? Apa pada hari yg sama, atau nunggu tanggal sidang minggu depan?

fncounter - February 11, 2012

Kalau msbro tidak menginginkan kembaliannya, SIM bisa diambil saat itu juga dengan memperlihatkan bukti pembayaran denda. Coba msbro tanyakan ke pos polisi didaerah msbro ditilang. kalau masih menginginkan kembalian, ya harus mendatangi sidang untuk mendengar putusan hakim tentang denda minimal yg harus dibayar. Prosedur lengkap pengambilan kembalian, silahkan msbro baca lagi artikel dan posting saya diatas.

12. tono - February 11, 2012

Sebenernya aturan dibuat agar kita selamat dijalan,yang terbaru lampu on siang hari.Tapi kalo besok harus pake sepatu naik sepeda motor tu ladang baru+empuk buat Mr.Endut di jalan.Masa beli krupuk di gang sebrang pake sepatu.weleh….weleh….welwh…

13. Andika - February 18, 2012

Salam, sy abis baca sedikit tentang UU No 22 2009, yang juga didalamny ada denda yang harus dibayar, misal Roda Dua (R2) melanggar markah atau rambu maksimal Rp 500rb atau 2 bulan penjara.
Nah yang saya ingin tanyakan, apakah jika kita minta slip biru artinya kita akan mendapatkan sanksi denda maksimal, dengan demikian kita harus bayar 500rb untuk negara via ATM? atau ada cara agar tau kira-kira dengan kita melanggar markah berapa denda normal bukan maksimal yang harus kita bayar.
Tks.

fncounter - February 18, 2012

Benar bahwa kita akan membayar denda maksimal sesuai peraturan yang ditetapkan. Sebelumnya, saya lebih menyarankan meminta slip biru dikarenakan dahulu dibebankan denda minimal. Sekrang, sepertinya penegak hukum ingin memberikan efek jera (namun bagi saya merugikan masyarakat juga).

Pelanggar yang meminta slip biru, sekarang diberikan denda maksimal. Cara pembayaran denda via no.rek BRI, namun pembayaran tersebut akan bersifat sementara kalo msbro ingin mengurus proses kembalian dendanya dengan cara mendatangi sidang. Dengan datang saat sidang tersebut, msbro akan mengetahui vonis denda normal yang diberikan atas sanksi pelanggaran yang msbro lakukan.

14. Anwar - February 18, 2012

mas bro stnk saya hilang dan tanggung mau ngurus karena 3 bulan lagi ganti STNK 5 tahunan… bisa kena tilang gak kalo stnk hilang ? saya sudah lapor mengenai kehilangan sama polisi setempat… tolong balas ya

fncounter - February 18, 2012

Saat melapor, pasti diberikan surat dari kepolisian sebagai pengganti sementara ijin berkendara. Kalau kena tilang, msbro perlihatkan saja surat tersebut. Meski kurang 3 bulan untuk pergantian stnknya, lebih baik msbro segera mengurus stnk baru tersebut. Dikarenakan surat dari polisi sebagai pengganti stnk tersebut bersifat sementara. Semoga Berguna.

15. Buddy Lie - February 20, 2012

Mo nanya Mas. Kalo ane ditilang dan minta slip merah saja, berarti dendanya minimal yah? Tapi menurut pengalaman, biasanya ditulis maksimal sih. Apakah itu berarti ane gak usah ke pengadilan lagi, sehingga ditulis maksimal?

fncounter - February 21, 2012

Bila diberikan slip merah berarti dendanya normal msbro dan pembayarannya harus melalui sidang di pengadilan. Untuk sekarang, denda maksimal akan ditulis bila memilih slip biru dan pastinya tidak perlu ke pengadilan bila msbro tidak menginginkan kembalian dari denda maksimal tersebut.

Buddy Lie - February 24, 2012

THX MsBro

16. Eko Huang - February 22, 2012

Kemaren sore saya kena tilang karena ga sengaja salah jalur yang seharusnya jalur belok kanan tapi saya tidak berbelok kekanan malah saya lurus. Tetapi mobil yg di depan saya juga sama posisinya dengan saya.
saya minta slip biru. akhirnya saya dikasih slip birunya, disuruh bayar di BRI dan si polisi yang nilang tulis pake pulpen denda sebesar ‘Rp. 250.000,-’ di slip birunya

Karena sudah sore bank udah tutup, jadi saya belum sempat bayar.
Pertanyaan saya gan :
1. Kenapa mobil yang didepan saya bisa tidak kena tilang malahan saya yang kena tilang?
2. Klo disuruhnya bayar lewat BRI gimana ya cara bayarnya?
3. Bisa tidak kalau kita menerima slip biru tetapi, menginginkan uang kembalian tanpa harus mengikuti sidang?

Makasih sebelumnya ya gan

fncounter - February 22, 2012

1. Bila seorang polisi saja yang bertindak pasti fokus ke satu pelanggar saja msbro, istilahnya yang paling belakang yang mudah ditangkap :)
2. Bila msbro meminta slip biru, maka si petugas akan memberikan no.rek bank negara yang ditunjuk. Nah kesitulah msbro harus membayar dendanya.
3. Tidak bisa msbro. Meminta slip biru berarti melakukan pembayaran denda maksimal dan tanpa sidang. Bila ingin mengurus uang kembalian, jadinya harus ikut sidang untuk melihat vonis denda normal.

Thanks kunjungannya.

Aris Daeng W - March 28, 2012

wah,berarti kita sama saja harus ikut sidang dong kalo mau kembalian uang yang telah kita setor ke bank BRI???

fncounter - March 29, 2012

Kalau ingin uang kembalian lebih baik pilih slip merah msbro daripada ribet. Slip biru solusi untuk yang tidak ingin repot ikut sidang+punya rejeki cukup untuk membayar denda maksimal.

17. nix - February 22, 2012

Sore ini saya habis kena tilang karna gak nyalain lampu mtr disiang hari. Saya minta slip biru dan akhirnya di kasih tu slip. Nah di slip itu terlihat denda yang harus saya bayar 1jt (dilingkari). Padahal sbelumnya polantasnya memperlihatkan denda maximal tidak menyalakan lampu 100rb. Saya di suruh bayar ke bank bri cabang x, saya tanya no. Rek gak di kasih tau. Karna bank da tutup jadi blum saya setor, pertanyaannya nominal yang harus saya setor itu 100rb/1jt?
Thank’s…

fncounter - February 23, 2012

Lebih baik ditanyakan lebih lanjut tentang denda maksimal tentang menyalakan lampu sebesar 100rb. Kita berhak meminta penjelasan tersebut.
Untuk pembayaran via atm juga sama msbro, kita berhak meminta no.rek tujuan dari bank yang ditunjuk. Silahkan dikonfirmasikan ke petugasnya.

Akhmad Fauzan - February 22, 2013

cara konfirmasinya kita harus dateng kemana mas..
kan kita ngga tau tepatnya,,
saya juga kena tilang dan minta sut biru, tapi ngga ada no.rek

fncounter - February 24, 2013

konfirmasi apa maksudnya?

18. nix - February 23, 2012

Saya da tanya but polisinya ngotot gitu, karna saya buru2 ya udah saya ambil aja slip birunya, pas saya liat angka 1jt uda dilingkari… Itu baiknya saya gimana?

fncounter - February 23, 2012

Kalau memang terlalu berat begitu, lebih baik msbro tetap mengikuti sidangnya untuk mengurus kembalian. Untuk langkah2 pengurusan kembalian, monggo dibaca artikel dan post dari temen2 yang mengalami hal serupa.

19. aogiex - February 24, 2012

mo nanya bro, kebetulan sya kena tilang n minta slip biru n pak polnya ngejelasinnya panjang lebar n tambah nanya emg tau arti slip biru n tau no rek BRI yg buat slip biru? berhubung saya ga tau ya dia dgn enaknya jwb gmn bs transfer klo ga tau no rek BRInya, ya akhirnya kena jg deh cepek, pdhl cm bw motor. yg mo sya tanyakan adakah no REK yg buat slip biru itu yg pasti (no REKnya brp) or bs nanya gak ke pak polnya yg nilang kita? karena kebanyakan pak polnya klo ditanya no rek nya jg blg ga tau.
thx

fncounter - February 28, 2012

No. rekening bank yang ditunjuk itu kewajiban petugas yang memberitahu. Kalau memang mentok si petugasnya yang tidak tahu, silahkan msbro membayar langsung via BRI terdekat.

20. arif - February 24, 2012

siang mas bro. . . .tolong jelasin tata cara kita mengambil kembalian dari yank kita membayar di bank. . .soalnya saya belum jelas artikel mas brow yang di atas. . .trim mas brow

fncounter - February 28, 2012

Makasih kunjungannya.

Sebelumnya maaf kalo membuat bingung, monggo dibaca lagi reply Posting no.3, 4, 13, 21, 22. Disitu sudah dijelaskan tata cara mengurus kembalian.

Memang ribet memilih slip biru untuk sekarang dibanding dulu. Saya sarankan lebh baik menggunakan slip merah. Bila denda maksimal dianggap memberatkan.

21. juwita - February 25, 2012

masbro.. nanya nihh
kemarin habis ditilang juga di daerah kuningan :( gara2 masuk marka jalan :(
masi ga ngerti nihh yg tertera di slip biru..berarti kita kalo mau ambil kembaliannya kita harus ke PN dlu gtuu??
mohon pencerahannya masbro :(

fncounter - February 28, 2012

Mengingat namanya, saya panggil sis ya. :)

Dulu saya lebih menyarankan slip biru dikarenakan kemudahan administrasi dan menghindari menyogok petugas lapangan dengan uang. Namun makna slip biru sekarang berbeda, skrang lebih bermakna membayar dengan denda maksimal dan tanpa sidang. Kalau yang ditentukan 1 juta ya pelanggar harus membayar 1 juta. Pembayaran sesuai dengan bank yang ditunjuk kemudian bukti pembayaran diberikan pada petugas yang menilang tadi maka kita bisa mengambil stnk atau sim yang dicekal tadi. selesai.

Namun bila sis keberatan dengan ketentuan denda tersebut, sis bisa mengurus kembalian uang denda tersebut dengan cara mengikuti sidang di pengadilan (seperti mendapat slip merah). Dari sidang tersebut, maka sis akan tau denda normal yang divoniskan pada pelanggaran yang dilakukan. Dari situlah sis bisa mengurus kembaliannya dengan menunjukkan bukti pembayaran dari bank.

Semoga membantu.

Juwita - March 5, 2012

:( gara2 ga prnh kena tilang.. Akhirnya saya crita ke pakde saya..trus pakde saya minta bantuan biro jasa,masbro..tp smpe skrg ya ±2mngguan ttp blm bs balik sim nya :’( biro jasa mgkn ambilnya di pengadilan..dan kata sang biro jasa sim saya blm turun di pengadilan itu -,-” kira2 brp lama ya masbro?? :( mohon pencerahannya lgi.. :’(

fncounter - March 6, 2012

Harap sabar menunggunya sis, kalau memang SIM baru bisa diambil saat sidang maka memang harus menunggu sampai jadwal sidang tersebut dilakukan. Baru dapat segera mengurus pengambilan SIM nya.

22. akyuyusufsuf - February 25, 2012

brati sama aja kita datang ke pengadilan dong pak?
kita juga harus punya uang sbesar denda maksimal dong ? kalo yang ditentukan oleh pak polisi denda 500rb?susah dong pak?

fncounter - February 28, 2012

Betul msbro, memang dulu saya lebih menyarankan slip biru untuk kemudahannya. Namun sekarang mengingat kebanyakan dari kita sulit bila harus membayar denda maksimal, lebih baik memilih slip merah dalam artian datang k pengadilan. Mohon maaf atas judul artikelnya.

23. hduahi - February 28, 2012

hari ini baru ketilang..

mau nanya.. klo mau ikut sidang (slip biru) kita ambil sim nya dulu ke polisinya?

fncounter - March 1, 2012

Kalau memilih slip biru harusnya tidak perlu lagi ikut sidang karena sudah menyetujui membayar denda maksimal. Jadi SIM yang ditahan sudah bisa diambil.
Baru apabila ingin memproses kembalian denda maka harus mengikuti sidang.

selly - August 23, 2013

SIM yg ditahan sudah bisa diambil itu artinya kita tunjukkan saja buktinya ke polisi atau diserahkan masbro?
Karena kalo diserahkan, kan ga bisa ambil kembalian dari sidang…
Mohon infknya ya masbro…
Terima kasih.

24. rex aja - March 13, 2012

malam masbrow….mau tanya ni..kemarin saya kena razia,saya pikir aman2 aja coz smua lengkap..tp setelah polisi ngecek sim c saya tryata udah expired setaun lebih..nah akhirnya saya br dpt surat tilang yg pertama n stnk disita..hehe..nah kira2 pertanyaan saya :
1. jenis pelanggaran saya psl 281 jo 77, kira2 denda yg nt hrs saya bayarkan brp wktu di persidangan?
2. apakah sulit mengurus sim baru jika udah expired setaun lebih?
3. mohon saran n tips2nya masbro..

tks

fncounter - March 14, 2012

1. Besarnya denda normal, pastinya kurang tahu msbro yang jelas tidak lebih mahal dari denda maksimal.
2. Tidak. Coba tanyakan petugas apakah masih bisa perpanjangan walau sudah terlambat. Jangan mengurus baru terlebih dahulu.
Semoga Membantu.

rex aja - March 15, 2012

tks atas jawaban n sarannya masbrow…sll sukses

25. Sujarwo - March 14, 2012

Aslm.. saya Sujarwo Mas Bro…
Saya mau tanya saya kena tilang di restoran istana harmoni di jakarta pusat, padahal saya tidak salah saya hanya menghindari lubang besar di sebelah kiri jalan lalu saya tia2 diberhentikan oleh polisi… setelah itu saya minta slip biru karena saya tidak tahu akan denda yang dikenakan tiba2 pasa saya ke Bank BRI dikenakan denda Rp.500.000 mohon sarannya mas bro saya harus gimana karena saya tidak salah tapi saya sdh bayar Rp. 100.000 ke Bank BRI cabang Kramat Raya dpn polres keramat Jakarta Pusat coz tgl 19-03-2011 saya disuruh sidang di pengadilan Gajah Mada.. Terima kasih

26. diko - March 18, 2012

setau ane berhak bro.. krn urusan stnk itu sdh ranah polisi jg, berkaitan dgn fisik kendaraan.. kl pajak stnk yg telat baru mereka nggak berhak nilang, meskipun telat sdh setahun lbh, karena itu urusan dispenda

27. yanto - March 23, 2012

mas brow saya melanggar jalur bus way kira kira kena denda brp ???

fncounter - March 23, 2012

Nominalnya kurang mengerti msbro, masing2 daerah mungkin berbeda disesuaikan dg perdanya. Melanggar jalur ya sama seperti msbro menerobos lampu merah.
Thanks kunjungannya.

28. irfansyah - March 24, 2012

birokrasi di negara ini memang luar biasa cacat menurut saya. apalagi pembaruan fungsi slip biru yang menjadi denda maksimal. kenapa harus ada denda maksimal 500rb kalau nanti di pengadilan normalnya tidak sampai 50rb. kan buang2 waktu, buang2 tenaga. saya juga baru kena tilang masbro, krn tidak menyalakan lampu, dan saya minta slip biru dengan denda 100rb, saya pribadi nggak keberatan dengan denda sgitu daripada harus kehilangan jam kerja untuk mengurus surat tilang ke PN. tapi kalau dendanya mencapai 500rb-1jt, pasti saya akan memilih mengurus ke pengadilan.

yg membuat saya bingung, kenapa harus ada pembaruan fungsi seperti itu, denda yang terlalu besar, memaksa kita memilih 2 pilihan yaitu kepengadilan atau nyogok pak polisi.
kalau ujung2nya hanya keluar uang tidak sampai 50rb, buat apa adanya sidang (membuang waktu & tenaga) hanya untuk masalah sepele.
birokrasi negara ini bener2 belum bisa menghargai waktu.
ini cuma luapan hai bro, pertanyaan saya sederhana.
untuk kritik dan saran untuk polisi, via wesite kemana ya..? dan kalau bisa di blog masbro ini menghimbau untuk sama2 mengirimkan kritik, semakin banyak semakin baik (meskipun nggak akan di gubris, hihihihih)

fncounter - March 24, 2012

Saya lebih tidak setuju dengan opsinya msbro. Bila memang sebuah denda tersebut untuk membuat efek jera harusnya tidak ada opsinya. Begitu pula denda maksimal yang menurut saya memang aneh :D karena bila dijumpai ditiap daerah pun mematok nilai berbeda untuk denda maksimalnya karena pengaruh perda masing2. Nah opsi ini yang sering di salahgunakan petugas dalam hal ini polisi. Sehingga memunculkan celah korupsi dengan menyogok petugas daripada harus capek datang ke pengadilan. Dan celah ini yang menjadi ladang hijau untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi petugas korup itu sendiri.

Untuk kritik saran monggo mencoba membuka website polri, mungkin ada wadah bagi masyarakat yang ingin berkeluh kesah akan ruwetnya birokrasi negeri ini. Thanks kunjungan dan sarannya.

hermanto - October 19, 2012

Setuju mas bro,
Intinya kita pelanggar lalu lintas memang dibuat jera atas sebuah kesalahan kecil yang tanpa sengaja kita lakukan,
Sebagai warga sipil kita dibuat nelan ludah pahit atas apa yang kita perbuat,
Para oknum korup pun sengaja ngelingkari angka denda maximal supaya lain kali gak aneh2, atau sok pinter, padahal kita hanya berusaha menyelesaikan 1 urusan.
Klo menurut saya ini krisis mental petugas, mereka menganggap kita cuma tikus yang mudah dijadikan bulan2an, ambil SLIP MERAH ikut sidang, SLIP BIRU bayar mahal, ckckckck…,
Dalam hati si OKNUM ( mampus loe, jadi orang sok pinter, mmmhhh……)
(Mending damai loe enak gue juga enak…)
Seperti itu menurut saya intinya,
Jadi untuk bro/sis sekalian, enak diikuti aja dah peraturan yang ada, cari amannya aja, dan coba sedikit2 pelajari undang2 lalu lintas yang ada,
Saya dapet versi PDF tentang UULLAJ 2009 , isinya lengkap 1 buku, search di google aja.

29. christy - April 18, 2012

Saya baru di tilang karena teman saya yang saya bonceng tidak menggunakan helm.pada saat di pos polisinya , polisinya mengatakan langsung kepada saya,bahwa saya akan di bawa ke persidangan. karena saya berpikir akan menghabis-habiskan waktu dan tenaga saya untuk pergi ke persidangan.maka saya menyodorkan untuk membayar langsung di tempat tesebut. namun di sini polisi nya meminta denda 50rb dan dendanya di tulis di slip merah.saya sempat mengatakan saya mau meminta slip biru nya tapi polisinya mengatakan kalau slip biru di bayar melalui Bank BRI dengan denda 250rb sesuai pasal yang saya langgar. kalau di persidangan dendanya 50rb juga sama dengan di Pos polisinya.
pertanyaan saya :
1. apa dasar hukum polisi tersebut mengatakan dendanya langsung 50rb jika membayar di pos tersebut?
2. kenapa polisi tersebut mengatakan pembayaran denda di pos polisi sama dengan pembayaran di pengadilan . kalau toh sama ngapain orang capek-capek di suruh ke pengadilan tapi ujung-ujungnya denda yang dibayar sama.

dan satu lagi yang perlu saya pertnyakan adalah sebelumnya saya pernah juga ditilang karena tidak memiliki SIM dan melangggar traffic jam.Polisi tersebut justru meminta 50rb .Sedangkan kasus saya sekarang adalah teman saya hanya tidak menggunakan helm ,tapi SIM dan STNK saya ada .Tapi kenapa denda yang saya harus bayar disamakan dengan 2 pelanggaran yang sekaligus yg pernah saya lakukan . Terima Kasih !

fncounter - April 19, 2012

Membayar denda ditempat atau membayar langsung pada petugas lebih saya artikan penyuapan pada petugas tersebut sebagai bentuk damai.
Untuk poin 1, dasar petugas mengatakan seperti itu dapat diartikan bahwa pelanggar menitipkan uang denda ke petugas untuk diteruskan pada proses pengadilan namun proses dilapangan lain. Kebanyakan uang denda titipan pelanggar masuk ke kantong pribadi.
Untuk poin 2, polisi beranggapan untuk memberikan opsi instan kepada pelanggar dimana kebanyakan dari kita tidak mau repot untuk datang ke pengadilan. Padahal jika dilihat dari pelanggarannya kemungkinan vonis denda yang ada dipengadilan tidak sampai pada nominal 50rb.

Jika msbro keberatan dengan opsi slip biru yang menganjurkan pembayaran denda maksimal, lebih baik pilih slip merah dan membayar denda di pengadilan daripada menyuap petugas dilapangan. Cara aman menghindari tilang, pastikan perlengkapan berkendara lengkap dan sesuai standar berikut juga patuhi rambu lalu lintas. Semoga bermanfaat.

30. jay - April 24, 2012

habis kena tilang

fncounter - April 24, 2012

Hati2 msbro, riding santai yang penting selamat sampai tujuan.

31. feeku - May 20, 2012

salam. mas bro..mau tanya…pada saat ditilang, yang diserahkan ke polisi hanya SIM dll saja kan??? maksud saya, hanya surat-surat, tanpa harus menyerahkan kendaraan kita. soalnya teman saya pernah kena tilang, dan pihak polisinya bilang kalau kendaraannya harus ditahan juga.

fncounter - May 21, 2012

Tergantung apa yang dilanggar msbro. Kalau tidak bisa memperlihatkan stnk saat ditilang kebanyakan motor yang ditahan. Kalau bisa nego, cukup sim yg ditahan.

32. Jak - May 24, 2012

saya ditilang lampu sepeda motor mati siang hari, pilih slip biru bayar 100rb (bolak balik pergi ke BRI). saudara saya pilih slip merah (sidang) (hari kerja antri 30 menit) bayar 30rb. teman saya damai 20rb langsung beres.

dealova - May 24, 2012

harusnya denda maksimal slip biru jangan terlalu mahal, coba kalo denda slip biru cuma 20rb atau 30rb. pasti semua memilih slip biru dari pada damai dengan POLANTAS kalo males atau sibuk untuk datang sidang, jadi pemasukan ke kas negara pasti bisa dioptimalkan.

fncounter - May 25, 2012

Betul msbro. Denda yang begitu besar, malah semakin menjadi lahan untung bagi aparat yang nakal.

nasaroboholic - March 9, 2013

Temen ane cman disuru beli 2 teh kotak bro ama polisinya.. Haus kali.. Pernah ane d PERES ma POLISI, uda tau gada duit, dibilang halah msk 10rb ja gpunya.. Ane ktawa dan blg sidang aja pak.
Oia bro yg d maksud nyetor ke ptugas khusus tu sapa klo pas bank tutup? Apa polisi yg nilang qta? Ane brusan kena and mnta surat biru kena 100rb :D ckck lg sbuk skripsi d krjain jga ma polisi. Spion ane kna tilang spion bkn aslinya, tp bisa buat ngliat knan kiri kok, berkali2 ada pmriksaan disurabaya lolos, br kli ni kna pmriksaan d sdoarjo spion ane kena.. ANEH !!!!!

fncounter - March 10, 2013

Peraturan pada dasarnya memang dari pusat msbro, tapi untuk beberapa hal biasanya disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Kalau kebetulan pada saat itu bank sudah tutup, masbro bisa meminta rek BRI yang sudah ditunjuk, kalau si petugas tidak tahu no rekeningnya bisa dicatat nama petugasnya.

33. jak - May 24, 2012

saya ditilang tidak menyalakan lampu siang hari pilih slip biru denda 100rb (bolak balik ke BRI kantor cabang, ga bisa di KCP). kasus sama, saudara saya pilih slip merah denda 30rb (sidang antri 30-45 menit hari kerja). teman saya damai 20rb (langsung beres)

fncounter - May 25, 2012

Terlihat lebih instan damai ya msbro, tp sebisa mungkin menghindari korup tersebut dari diri kita.

34. aks06021993 - May 30, 2012

masbroo mau sharing plus kasih masukan ,,,..!!
kemaren saya kena tilang gara-gara boncengers gak makek helm …

nahh saya minta slip biru … !!
ehh langsung dksih tapi d tunjukin dendanya maksimum ….
busyeeeett ….
lagian juga gg dkasih tau harus menyetor uangnya ke rekening mana…

1.apa saya bisa tanya no rekening tersebut ke kantor polisi terdekat
2.apa saya harus menyetor dengan denda maksimal
3.nah kalooo pngen minta kembalian kok kenapa kita harus mengikuti proses pengadilan dulu… bukannya slip biru tujuannya agar tidak perlu mengikuti proses pengadilan.

fncounter - May 30, 2012

1. Bisa, itu adalah hak kita meminta penjelasan kepada petugas lapangan dalam hal ini polisi
2. Ya. Karena sesuai ketentuan Slip Biru yang sudah dipilih.
3. Slip biru memang tidak memiliki prosedur mengikuti sidang, karena sudah dibebankan denda maksimal(untuk saat ini). Jika pelanggar merasa keberatan dengan denda maksimal pada slip biru maka kembalian denda tersebut bisa diproses dengan mengikuti sidang.

35. Ahmad Gracee - June 3, 2012

gan ane kira kira 3 bulan yang lalu di tilang dan di kasih surat tilang merah,,.
trus pada waktu sidang saya berhalangan kesana karna kerjaan dan sampai sekarang
dendanya juga belum di bayar
dan juga blum ada di urus sama sekali
kira kira menurut agan masih bisa di ambil gak??
trus prosedurnya gmana?

fncounter - June 3, 2012

Biasanya jika sudah lebih dari jatuh tempo persidangan, berkas akan dilimpahkan ke kejaksaan. Lebih baik msbro tanyakan dahulu ke kantor polisi untuk menanyakan pemindahan berkas msbro tersebut.

36. suyitno - June 3, 2012

mas bro sy mau tanya saat di tilang menerima slip biru, habis itu bayar denda di bank bri, klu mau urus kembalian di pn. sim/stnk di ambil sekarang apa habis ngurus kembalian di pn tolong detailnya trim’s mas bro

fncounter - June 3, 2012

Sebelumnya maaf pak suyitno, comment terdahulu nyangkut si spam. Setelah membayar di bri, pakbro bisa kembali ke petugas yang menindak dan memperlihatkan bukti pembayaran slip biru. Barulah surat kelengkapan yang ditahan bisa diambil kembali. Untuk memproses kembalian, bisa ditanyakan ke petugas polisi (saya sarankan tanyakan dilain pos selain petugas yang menilang pakbro). Setahu saya, kita harus mengetahui jadwal sidangnya. Meskipun kita memilih slip biru dan tidak menghadiri sidang, saat sidang di PN nama kita tetap disebut. Saat itulah kita bisa maju dan memperlihatkan pembayaran dari bri tersebut, yang kemudian akan diproses. Untuk lebih jelasnya, bisa pakbro tanyakan kepada petugas polisinya.

37. suyitno - June 3, 2012

trima kasih banyak mas sarannya, sukses selalu

38. fredi - June 9, 2012

salam sukses all.
permisi nanya masbro, berhubungan dgn artikel 36, saat mengurus uang kembalian denda kita datang ke pengadilan hanya membawa slib bukti pembayan dr bank saja?….
Apakah saat pengambilan SIM di polres setempat kita tidak diberikan surat pengantar atau copy-an surat tilang yg biru?…
karena di pengadilan hanya menghandalkan nama dipanggil agak kurang kuat kuasa hukumnya…..
terakhir, bisa ga omBro dibalik prosesnya;
bayar denda-ambil SIM-ikuti sidang-ambil kembalian denda dirubah jadi….
bayar denda-ikuti sidang-ambil SIM-ambil denda kembalian…

Thanks banyak Ombro…..

39. chendrik - June 11, 2012

Maav mas bro saya baca artikel ini dr atas mpe bawah berikut postingan dr yg lain kok jd rada ngawur ya?
Jd intinya lbh baik ambil slip BIRU / MERAH?

Ga da ya link khusus mendengar keluh kesah warga ke polisinya langsung?

Mo berbagi cerita aja neh ane pernah ketilang hampir stgh taun lalu di dpn MPR jam 1pg n kesalahan krn lampu belakang mati tp rem nyala n plat nomor sticker (motor fairing) padahal plat asli ane bawa dibagasi n sempet ane tunjukin n blg mo psg dmana pak?

Yg aneh, sblmnya ane lewatin tuh polisi BM / PM (rada lupa) lg nilang orang dipinggir ga lama ane yg dikejar n kena lbh aneh lg dtng 1 lg dgn motor gedenya jd intinya ane digrebek ma 2 polisi

Coba debat sana sini akhirnya ane pasrah ngalah n minta slip biru tp total jd 750rb krn 2pasal krn itu dah pg ane mls nanya” lg krn polisi skrg berlagak seperti preman dgn ngebentak atau ngancem ga lama kemudian tuh polis nilang lg di depan stlh ane

Yg jd pertanyaan saya apakah polisi di indonesia ga bakal bs membaik ya? Justru malah makin parah kalo dilihat” mah
Bahkan menurut ane penjahat kelas kakap sebenernya itu adalah POLISI bener ga?

Krn dah hampir setaun slip biru saya pegang apa msh bisa diurus sim saya?krn kertas slip birunya skrg tulisan dah pd ilang yg da cm stempel, coretan nominal denda ma tanda tgn

Ngurusnya kemana ya klo dah lewat hampir setaun gini?

fncounter - June 11, 2012

- Mohon maaf atas ketidaknyamanan membaca artikel ini, sehingga malah membuat msbro menjadi bingung mengartikannya. Sudah saya tambahkan NOTE di bagian akhir artikel. Untuk lebih menjelaskan slip biru dan merah tersebut.
- Ada, Saat ini POLRI melalui websitenya telah memberikan tempat berkeluh kesah secara private melalui Menu Layanan Masyarakat – Pilih Lapuran dan Pengaduan – Pengaduan. Disitu msbro bisa meminta penjelasan lebih lanjut tentang problem yang msbro hadapi.
- Sebisanya perlihatkan plat nomor diluar. Diindonesia adalah hal yang wajib memperlihatkan plat nomor depan dan belakang. Berbeda dengan diluar negeri, yang kebanyakan hanya memasang plat nomor belakang.
- Semoga kedepannya polisi di indonesia akan semakin membaik. So, jangan segan mengeluh kesahkan sikap dan tindakan petugas bila tindakan mereka melebihi batas kewajaran.
- Untuk pertanyaan terakhir, monggo msbro coba poin 2 tentang layanan masyarakat tersebut.

Semoga Membantu.

40. chendrik - June 11, 2012

Nah klo ditambah note bgitu kan jd enak masbro soal pengertiannya

Jujur ane ga tau wesitenya mas bro n maav klo bs ksh web nya mas soal keluh kesah ke polri jd biar pd ngadu kesana ja

Btw salut ma mas bro pertanyaan demi pertanyaan dijwb dgn bijak n sopan (susah neh jmn skrg cr org ky gini)

fncounter - June 12, 2012

Thanks sarannya. Saya juga nggak sempurna msbro, so monggo saling share ilmunya. ^_^

41. pras - July 3, 2012

mas bro mau nanya nih
Klo motor gk dilengkapi dgn spion,spido meter, sama lampu sen .apakah melanggar ,(ada pasalnya) ,krn menurut sy motor ninja klo ad spion,spido meter,sm lampu sen nampak kurang garang, gmn solusinya mas bro? Sebelumya sy ucapkan trima ksh atas jwbanya

fncounter - July 3, 2012

Tentunya setiap peraturan selalu ada aturan tertulisnya. Meski tak secara spesifik dijelaskan fungsinya, pastinya kita semua mengetahui akan fungsi perlengkapan kendaraan tersebut. Bisa bro lihat di Pasal 48 (2) UULAJ No.2 2009.

Aturan tetaplah aturan yang wajib dijalankan bila tidak ingin mendapatkan sanksi. Terlepas dari tampilan motor menjadi kurang garang dan sebagainya. Solusi yang saya tekankan disini adalah pilihan yang harus msbro ambil, memilih taat peraturan atau melanggarnya. Semua diserahkan kepada individu masing-masing.

Thanks kunjungannya ^_^

42. kistri - July 8, 2012

Mas Bro,, malem ini sy ditilang,, krn menerobos lampu merah,, trus saya minta slip biru,, polisinya bilang sidang tanggal 20 Juli 2012,, pertanyaannya :
1. Klo bayar ke bank, trus ambil sim, ikut sidang n ambil kembalian pada tanggal 20 Juli boleh g??
2. Trus simnya diambil ditempat kita ditilangkan?wlw tgl 20 juli bru diurus?
3. Untuk bukti pembayaran denda perlu di fotokopi?
Mohon bantuannya ya,, Pleassseee,, tHankss Mas bRo,, :)

fncounter - July 8, 2012

Bro/sis ya?
Terlebih dahulu ada kesalahan prosedur pada kasus ini, kalau memang slip biru yang diberikan harusnya polisi tidak menyarankan sidang. * Cukup bro/sis bayar denda yang ditentukan melalui bank yg ditunjuk kemudian kembali ke petugas lapangan dengan membawa bukti pembayaran denda. Yg kemudian bisa diambil stnk/sim yang sudah ditahan.

1. Boleh, kalau menginginkan kembalian denda dari slip biru memang harus menghadiri sidangnya.
2. Yup, sim yg ditahan bisa langsung diambil ke petugas yg menindak seperti poin *
3. Lebih baik, difotocopy mengingat akan menjadi bukti kita sudah membayar saat akan mengurus kembalian.

43. Samuel - July 11, 2012

Mas bro..
Kalau kita milih slip biru, tapi ketika kena tilangnya sudah sore atau bahkan malam, kan banknya udah tutup tuh..
gimana kelanjutannya ?
apakah kita bayar besoknya saja ?
jika ia, kemana ngambil SIM yg diambil polisinya ?
thx..

fncounter - July 11, 2012

Kalau tidak memungkinkan transfer via bank, msbro tanyakan nomr rekeningnya kepada petugas cz bisa ditransfer via atm. Lalu bukti transfer/struk bisa diperlihatkan ke petugas untuk dapat mengambil kembali simnya.

Samuel - July 12, 2012

woke mas bro..
thx,,

tapi aneh ya,,
kita milih biru yg sebenarnya mengaku kesalahan malah dikenakan denda maksimal..
kan seharusnya sama seperti penjahat yg menyerahkan diri tuh,,
dan hukumannya diringankan..
ini malah diberi yg paling berat..
supaya polisi bisa menerima uang suap dan kita berpikir ulang utk memilih form biru..
liciknya pak policik..

ooo iya bro..
kalau kita ambil form merah,, kita bayar dendanya pas di pengadilan atau gimana bro ?

fncounter - July 12, 2012

Yah begitulah, semrawut birokrasinya ^_^. Memilih slip merah berarti menyikuti sidang, jadi bayar dendanya saat sidang tersebut dilakukan.

44. aripin - July 17, 2012

kalo blm memiliki sim terus ditilang sama pak polisi, terus meminta slip biru, kira2 bayar denda maksimal untuk tidak punya sim berapa ya gan? (pake slip biru)

fncounter - July 17, 2012

Tergantung dari ketentuan PERDA Masing2. Lebih bijak mengurus SIM terlebih dahulu untuk kenyamanan berkendara diri sendiri.

45. Hijau Babi - July 17, 2012

Negri ini adalh negri pecundang..pantes kalah sama malaysia…aparat nya ja ha***ng kayak gtu…..bukan nya membela rakyat malah morotin rakyat..kalo soal motor di tilang emang EMAK nya yang beliin gua motor.Emang EYANG nya yang punya jalan…yang punya jalan tu bukan pemerintah…yang punya jalan itu rakyat.Malah kalo kita lihat ke masa lalu..kebanyakan rakyat kan yang bangun jalan akibat kerja paksa,bukan EMAK SAMA BAPAK nya polisi itu….lagian di rumah saya jalan nya rusak pemerintah cuma diam aja….pemerintah di tahun 2012 sama aja sama aparat a*u.

fncounter - July 17, 2012

Sabar msbro, semoga kedepannya pemimpin negeri ini tak hanya pandai memberikan sanksi namun pandai membuat peraturan yang adil untuk semua pihak. Berikut juga tegas dan tanggap dalam membangun sarana jalan yang layak.

46. anggit - July 18, 2012

tadi siang q ru ketilang pak polisiiiii….di sekitar alun2 banjarnegara jateng,gara2 lampu tidak dinyalain and sepion kurang satu…,pas di tilang ada bapak2 lg di tilang juga tp si bapak milih damai dengan pelanggaran lampu si bapak byr sekitar 70rb an,giliran q,q di jelasin ini itu lh..sampai akhirnya pak Bripda B…,menunjukan buku daftar harga tilang yg harus di byr pelanggar…and pasal2 y,terus q tanya pak…bukanya itu denda mksimum???trs si bkp polisi bilang ia de…,dr total 2 pelanggaran saya kira2 350rb,trs q minta sidang aja,pengalaman sidang dlu cuma habis 42rbu untk 2 planggaran,yg sy heran knp pak polisi tidak menjelaskan kpd yg ketilang lo yg di buku itu denda maksimum,cuma bilang mau sidang pa nitip???,lo nitip pa ia nominal uang denda harus sesuai dengan keiinginan pak polisi…!!!!!!!???

fncounter - July 19, 2012

Nominal denda maksimal sudah ada ketentuan dari pusat. Namun pengaplkikasian didaerah biasanya berubah dengan penyesuaian perda masing-masing daerah. Memilih slip biru atau merah adalah pilihan bagi pelanggar, untuk saat sekarang lebih baik pilih slip merah dengan menghadiri sidang bila denda maksimal dianggap memberatkan.

47. Arief - July 19, 2012

Siapa bilang dendanya Rp 50.000. Ini saya sedang di BRI Menara Mulia buat bayar denda slip biru sebesar Rp 500.000 plus Rp 600. Sekarang yang dipakai tarif denda maksimum jadi tolong artikelnya diperbaiki supaya tidak menyesatkan.

Lebih baik pakai slip merah saja tapi uangnya nitip petugas. Nanti kalau ternyata ada kembalian ya terserah.

fncounter - July 19, 2012

Mohon maaf atas kesalahan artikel ini. Harap msbro baca kembali, sudah ada catatan tambahan dibagian bawah berupa “Note”.

48. Claudius Wey - July 20, 2012

Masbro, mau cerita sekalian tanya dikit nih..

Tadi pagi baru kena gara2 masuk jalur busway di daerah Pondok Indah depan Mall Gandaria City (biasanya boleh, cuma mungkin tadi karena agak siang jam 10:30 + mungkin lg ada operasi Patuh Jaya rutin). Lalu saya minta slip biru. Memang tertulis di slip-nya, denda maksimal 500rb dan petugas polisinya centang di sebelahnya. Itu kan berarti saya mesti bayar denda di Bank BRI 500rb. Nah, karena kantor saya di BEJ, tanya cabang Bank BRI di BEJ, katanya mesti di cabang BRI yg di Menara Mulia (seberang POLDA Metro). Tapi di slipnya tertulis Bank BRI “Jl. Buncit Raya”

1. Saya tetap bisa bayar yang di Menara Mulia gak ya? Soalnya lbh deket kantor. Atau tetep mesti di Jl. Buncit Raya itu??

2. Meskipun kita terima slip biru + uda bayar denda 500rb, trus datang ke pengadilan dan keputusan pengadilan dendanya cm 50rb lah misalnya, tetap bisa ambil kembalian kan? Suka dipersulit gak ya? (secara kan uang uda masuk pemerintah)

3. Kira2 masbro punya info ngga kalo melanggar masuk jalur busway itu kena-nya berapa di pengadilan (FYI, record saya bersih & ngga pernah kena tilang)? Menurut surat tilang pasalnya sih 287 ayat 1, dan ga ada tulisan saya melanggarnya gimana.

4. Pas ditanya hakim nanti, klo ditanya bilang secara general “melanggar marka jalan, Pak Hakim” atau bilang secara spesifik masuk jalur busway ya? Siapa tau beda denda tilangnya..

Sekalian info buat temen2 yg lain yang suka lewat jalan pondok indah arah ke pakubuwono (seberang Gandaria City), sepertinya kalau agak siang polisinya berani tilang2in. Kalo pagi mungkin polisi pada ngga berani, karena jalanan sempit dan katanya dulu pembuatan jalur busway itu pernah diprotes sama warga2 di Pondok Indah karena bikin macet. Atau mungkin td mereka operasi rutin menjelang bulan puasa ya.. nah ngga jelas deh. Ini cuma analisa singkat dr saya aja. Soalnya tadi pas saya di tilang, ada org di jalur yg berlawanan arah teriak ke polisi-nya:”Jagain-nya tiap hari dong pak!!”.

Sekian cerita & pertanyaan saya. Mohon respond-nya ya masbro.

-CW-

fncounter - July 24, 2012

1. Harusnya sesuai dengan bank cabang yang ditunjuk. Tapi coba msbro lakukan pembayaran ke cabang lain yang sekiranya dekat karena setahu saya itu memungkinkan.

2. Bisa ambil kembalian. OKI (Oleh karena itu), bukti pembayarannya msbro fotocpy terlebih dahulu sebelum aslinya diserahkan ke petugas penindak. Note : sebenarnya bila ingin mengurus kembalian, msbro lebih baik memilih slip merah karena prosedur yang dilalui akan lebih mudah.

3. Denda minimal kurang tahu, biasanya tidak lebih dari 100rb. Dari pelanggarannya, ditekankan pada melanggar marka jalan. Berikut kutipan bunyi pasalnya :
Pasal 287
(1) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di
Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan
yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau Marka
Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4)
huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2
(dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00
(lima ratus ribu rupiah).

4. Tidak akan ditanya. melainkan diputuskan,
Misal si A, si B, si D
Jenis pelanggaran Pasal 287 (1), melanggar marka jalan
Denda : sekian

Hakimpun mengetuk palu, selesai.

Hadi - September 9, 2012

mohon infonya ,.. bila kena tilang form biru ,.. truss untuk mendapatkan denda yang tidak maksimal (bukan 500 rb) apakah kita bisa tidak membayar dahulu ke BRI, lalu ikut sidang ?? dan nanti tinggal lihat bayar berapanya ??
Mohon pencerahannya…

49. Punto - July 21, 2012

Gan, kalau di denda maksimal, kita ambil kelebihannya bisa kapan saja atau ada tenggat waktu. Dan prosesnya bagaimana? Apabila kita ga bayar denda dsb, lalu kita buat sim baru, apa tidak bisa? Soalnya daripada ribet, dendanya bisa buat sim baru lagi. Tks.

fncounter - July 21, 2012

Kurang tau untuk tenggat waktunya. Kemungkinan sebelum sidang dilakukan. Untuk langsung membuat sim baru saya sendiri belum memiliki pengalaman tersebut. Monggo dicoba.

50. Dini Mardaleni - July 29, 2012

Mas Bro,mau nanya dikit nich.
1. Kalau dapat slip biru ada batas maksmal kita setor uang ke BRI ga ya?
2. Kalau ada batas maksimalnya berapa lama dari kita dapat surat tilang?
3. Kalau sudah lewat batas maksmal pembayaran slip biru bagaimana ya? Apakah kita langsung sindang ke PN?

Mohon informasinya Mas Bro. Karena minggu kemarin saya dapat surat tilang biru, dan disuruh bayar ke BRI Rp, 500 ribu, tetapi sampai dengan sekarang karena belum gajian tidak bisa bayar denda maksimal he..he..he. Saya mau sidang aja langsung tanpa bayar denda maksimal, bisa ga ya Mas Bro?
Saya sempet minta ganti jadi slip merah ke Polisi pada hari yg sama saya kena tilang tetapi sama polis tidak dikasih.

Thanks

DM

Dini M - August 1, 2012

Mas Bro, pertanyaan saya diatas belum dijawab.
Tolong ya Mas Bro……
Satu pertanyaan lagi Mas Bro, tolong di jelaskan setelah membayar slip biru di BRI, kita ingin sidang, jadwal sidang minta sama siapa ya? Karena di slip biru yg saya terima tidak di tulis tgl sidang.
Apakah setelah membayar ke BRI, saya langsung ke PN jak sel atau ke kantor polisi pancoran, untuk mengetahui jadwal sidang?

Thanks

fncounter - August 2, 2012

Maaf atas lketerlambatan responnya sis Dini M, berikut saya coba membantu menjawab :
- Untuk mengetahui ada batas maksimal pengurusan slip biru bisa dilihat pada slip nya, apakah disitu tertera jatuh temponya atau tidak.
- Yang saya ketahui meskipun tak tertera sekalipun, pihak petugas (polisi) akan menunggu maksimal sampai jadwal sidang kasus pelanggaran sis dini dilaksanakan. Bilamana sim yang dicekal belum diambil sampai sebelum sidang dilaksanakan maka berkas sis dini akan dilimpahkan ke PN atau Kejaksaan.
- Keinginan sidang namun mendapat slip biru artinya sis dini ingn memproses kembalian denda maksimal. Bayarlah terlebih dahulu denda maksimal tersebut kemudian urus kembalian dengan mendatangi jadwal sidang. Informasi jadwal sidang monggo ditanyakan ke petugas yang menindak. Disana akan ada jadwalnya bahwa pelanggaran tgl sekian akan melaksanakan sidang tanggal sekian. Untuk lebih jelas mengurus proses kembalian denda, monggo dibawa kembali artikel diatas dan komentar temen2 diatas.

51. diss - July 29, 2012

ko saya di tilang malah dkasih surat yang asli nya?gmna tuhh dtilang gara” gak punya sim sama stnk mati..tapi sayah bilang sama petugas dari pada motor bahro pak??saya juga ragu tuh pa petugas pake motor yang kompit..

52. aries - July 30, 2012

mo tanya nih klo ditilang dikasih slip biru kena denda maksimal dan kita ga punya uang sebesar itu gmana?tolong infonya

53. Burhan Bataviaboy - August 1, 2012

saya kena tilang masalah sim c saya mati
sbnarnya petugas berhak menilang tdk…
di laporkan saya kena pasal 288 ayat 2 jo 106 ayat 5
yg isinya pengemudi tdk dapat menunjukan surat izin mengemudi yang sah
thxs

fncounter - August 1, 2012

Berhak msbro. Salah satu syarat surat izin mengemudi yang sah menurut hukum adalah tentang masa berlakunya. Bila sim mati sama halnya msbro tidak memiliki SIM yang sah. Bisa msbro lihat pada Pasal 106 (3) dan (5b), tentunya SIM sah yang dimaksudkan tersebut adalah SIM yang masih berlaku masa pakainya.

54. SMR56 - August 29, 2012

Kalau memang pilih SLIP Biru, yang penting itu kita tau No Rekening Pemerintah yg benar-benar masuk ke Kas Negara, tau gak Gan No Rekeningnya brp?

Ada kejadian, yg ngotot pilih SLIP BIRU disaranin sama Polisi’nya disuruh bayar denda maksimalnya. sesuai pasal ini:
Pasal 287
(1) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di
Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan
yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau Marka
Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4)
huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2
(dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00
(lima ratus ribu rupiah).

Bagaimana tanggapan Agan?

55. Whitesoia - October 1, 2012

permisi, saya hari sabtu malam melakukan pelanggaran, dan disana ditulis melanggar peraturan pasal 287 (1) dan saya meminta slip Biru, dan polisinya berkata kalau slip biru akan kena denda maksimum, dan saya bertanya jumlah yang perlu di setor, katanya 250.000 dan polisinya menconteng denda maksimal 250.000 di jumlah uang titipan, tetapi pada hari ini saya mau membayar ke bank, katanya harus dibayarkan 500.000 karena sesuai peraturan 287 (1),soalnya kalau 250.000 saya rasa saya masih bisa menyanggupinya, tetapi 500.000 menurut saya terlalu berat, jadi apa yang harus dilakukan? karena sudah terlanjur ambil slip birunya, atau bolehkah saya berdebat dengan pihak bank, karena polisinya berkata 250.000 makanya baru kuambil slip biru

fncounter - October 2, 2012

Bayar sesuai dengan apa yang tertulis pada slip msbro. Pihak bank hanya menerima uang dan memasukkannya ke kas negara.

56. randi - October 6, 2012

Jadi masbro apakah pak Polisinya nanti menuliskan nama,pangkat dan nipnya di blanko biru? klo tidak kan repot kita nyarinya.
Aku kena tilang di luarkota petugasnya cuma pake pangkat doang namanya gak dipasang mas? gimana nih?

57. alex - October 9, 2012

Saya di batam kena tilang mas bro dan sudah tanya2 ke bank mandiri dan bank bri mengenai denda tilang tersebut tapi tak satupun bank yang bekerjasama dengan pihak kepolisian. Trus saya harus membayar ke bank mana mas bro? Thanks

fncounter - October 9, 2012

Kalau tidak salah, bank yang ditunjuk bri msbro. Silahkan ditanyakan ke petugasnya untuk lebih jelas.

58. Yuda - October 14, 2012

Bro, saya masih agak bingung masalah slip merah dan biru ini. Kalau slip merah artinya kan kita tidak mengakui kesalahan dan siap diproses di pengadilan(berarti ada proses pengadilan). Kalau kita menerima slip biru berarti kita mengakui kesalahan kita, apakah kita masih di proses oleh pengadilan?? Proses pengadilan kan untuk membuktikan kesalahan apa yg kita langar, kalau kita sudah mengakuinya, apakah kita masih menjalani proses dipengadilan???

Mohon penjelasannya bro…

59. andre - October 16, 2012

bro saya ketilang karna lupa bawa sim C dan stnk ditahan polisi,harus sidang jumat ini,apa nanti setelah bayar denda stnk bisa langsung diambil?

60. resa - November 6, 2012

sam, mau nanya nih cz baru aja ketilang malem-malem jam 9 an td di kawasan puter balik depan royal plaza surabaya, (cz ane dapet job disby)
critanya ayas kelewat dari puter balik tsb. untuk ngindarin tabrakan, gara2 ada mobil banter nyerobot dari kanan, akhirnya mau gak mau ayas masuk kejalur jembatan layang khusus mobil, reflek ane langsung berhenti cz tujuane keliwat, mau puter balik, dan lebih apes lg ada silop (*** dobel apes batinku) lama ayas debat sama silop, sampe silopnya marah2 gak jelas, ane gak mau lewat jalur damai, dan ane tetep ngeyel, ini masalah nyawa, dari pada mati kecelakaan, terpaksa nglanggar rambu2, masak gak bisa di tolerir? tapi dimana2 ujungnya silop pasti menang, ya, ayas mau ditilang dan silop sumringah, belum silop sempet ngomong apa2 tak selak, “saya gak mau slip merah, slip biru aja!, langsung uangnya saya transfer skarang!” (ane keinget baca2 wktu ngaskus dulu, mending slip biru aja, tapi ternyata keputusan bodoh), dan ketebak silop e langsung melotot sambil nyentak “ya sudah!, anda yang minta sendiri!” sim c ditinggal truz ane minta no.rekeningnya, sambil cuek dia bilang “langsung ke bri tower aja sana! daerah basra” bodohnya ane gak ngliat surat tilangan td dan gak nanya sim ny diambil dimana, wes males ngomong sm silop td, malah langsung tancep gas. oke, pertamanya ayas ngerasa menang (mbatin: kapok kon gak sido oleh ceperan!) tapi telat nyadar kalo malem bank wez tutup, hahahaa… halah gak jadi ke bank akhire minggir ke depan r.s.i, pengen lihat surat tilange, pas tak teliti langsung kaget yang dibunderin silop angka 500.000, ****** wuakeh e, oleh duwit tko ndi iki? langsung motor ane liwatin daerah jetis belakang royal, mau ke puter balik td nyamperin silop, dan pean tau sam?,,, silopnya kabur, udh gak ada,, perasaan langsung campur aduk, seneng karena gak jadi bayar 500.000, tp yo susah karena gak punya sim + ga tau mau ngambil sim ke mana, sampe saiki kepikiran gak iso turu, akhire ayas googling dan berlabuh disini mencari pencerahane sam fauzi, hehee..

yang ayas mau tanya sam fauzi :
1. bisa ga’ bikin sim baru lg tp dilengkapin dg surat kehilangan ? (bohong dikit sih, tp dari pada nyogok silop atau bayar 500.000, duit dr mana.. haduuh), cz ayas bikin sim di pasuruan, bukan surabaya,

2. ada kemungkinan gak, silop td ngontekin silop di pasuruan, dan lapor kalo sim ane ditahan di surabaya?

skian dulu sam, ditnunggu pencerahannya dan maturnuwun :)
maap malah banyak curhatny, hehhee,, maklum, galau aku sam,, hedeehh

fncounter - November 6, 2012

Salam, btw berat sekali masalahnya masbro ^_^. Harusnya si petugasnya memberikan arahan harus diambil dimana sim nya setelah membayar uang denda, kalo tidak begitu misal niat mencari tahu mudah, langsung ke polda jatimnya, namun ribet juga memang.

1. Sehubungan dengan prosedur ribet plus ketidaktegasan petugas yang kaboor duluan tanpa jejak lebih baik diurus baru saja simnya :) (ini bukan contoh yang baik, so bagi yang lain jangan ditiru :mrgreen:)
2. Kemungkinan ada, namun kecil. Tapi tidak perlu khawatir, diurus saja sim barunya.
3. Catatan untuk perjalanan di luar daerah kita, saat persimpangan yang tidak jelas rambunya atau lampu merah lebih baik pelankan kendaraan kita untuk pelajari kebiasaan masyarakat di daerah tersebut.

Semoga berguna.

resa - November 6, 2012

oyi2 sam, matursuwun pencerahan dan nasehatnya :)

buat bro2 yang lain denger kan? jangan ditiru :D
kalo mau minta slip biru jangan asal-asalan kayak saya diatas, pkoknya semunya harus jelas dulu, biar gak ribet.

fncounter - November 6, 2012

Buat sim barunya ada 2 pilihan, Pertama dengan menggunakan surat kehilangan, jadi dikantor tempat urus SIM sudah ada file dan tinggal dicetak. Kedua, buat baru benar-benar baru jadi melalui tahap tes seperti pertama kali membuat dulu. Semoga berguna.

61. Jahid - November 12, 2012

mas bro…
saya mau tanya ni..
kebetulan tadi siang saya kena tilang gara2 melanggar lampu merah… tadinya saya mau titip langsung saja sama polisinya kena 160 rb,, tpi berhubung saya gak bawa duit (gak punya duit juga).. akhirnya saya minta waktu polisi buat kerumah temen saya (deket situ) dulu pinjem duit..saya tinggal pergi.. pas sampe rumah temen orangnya gak ada… trus kepaksa saya balik lagi ke pos polisi, bilang blak2′an saya gak punya duit pak, udah sidlang aja,, tapi kontan polisinya marah,, katanya saya bohongin dia pengen bayar disitu..tapi saya kan gak jadi cos gak punya duit. terang langsung saya dikasih slip biru, suruh bayar denda di BRI 500rb hari itu juga, saya kaget, dan pusing dapet duit darimana, akhirnya saya pulang, dan memutuskan untuk mengurusnya besok-besok saja,
1. kalo bayar titip denda di BRI tu ada batas waktunya gak? soalnya saya juga perlu waktu buat nyari pinjeman duit segitu.
2. saya pernah baca di sebuah artikel, katanya fungsi slip biru sama merah tu sama aja kalo sudah di pengadilan, cuma bedanya mau dateng ke pengadilan ato titip bayar lewat bank, gak usah dateng ke pngadilan. bener gak mas bro?
kalo bener kan jadi saya gak perlu cari duit 500rb mending nunggu sidang aja,,paling kena denda normal.

fncounter - November 12, 2012

1. Saya tidak tahu pasti batas waktunya, jika msbro ingin membayar denda maksimal dan mengurus kembalian silahkan dibaca lagi penjelasan dari artikel saya. Tentunya jika ingin mengurus kembalian jangan sampai melebihi jadwal sidang terdekat.

2. Slip biru dan merah hanya berbeda dari tindakannya saja. Kalau slip biru, pelanggar lebih memilih membayar denda maksimal. Sedangkan slip merah, pelanggar lebih memilih sidang untuk mendapatkan denda lebih ringan.

62. alam - December 2, 2012

mas mau tanya juga neh,, saya aga awam tentang surat tilang, hari ni tgl 2/12/12 hari minggu habis olah raga sama keluarga saya kena tilang karna melanggar penumpang tidak mengunakan helm, lalu saya minta sidang saja, lalu polisi tersebut memberikan surat tilang warna biru dan memberikan tulisan tangan di atas kertas tersebut dengan tulisan “sidang” pas saya sampe rumah saya baca baca di kolom paling bawah ternyata warna biru itu untuk titip tilang,,saya baru sadar ternyata polisi tersebut memberikan prosedur yang salah,,pertanyaan saya, saya musti temui polisi tersebut untuk meminta warna merah apa tunggu sidang saja pada hari yang telah ditentukan…

fncounter - December 2, 2012

temui petugasnya mas, dan diingatkan dengan baik kalau seharusnya masbro mendapat slip tilang warna merah.

63. Erron - December 3, 2012

kalau kita dikasih slip merah tapi gak ikut sidangnya gmana bro ?

fncounter - December 3, 2012

Ya tergantung kita sendiri masbro, surat-surat yang ditahan petugas jadinya gak bisa diambil lagi. Nah, berkendara tanpa surat-surat berarti pelanggaran. Kalau seperti ini, bakal ditilang lagi nantinya ^_^

64. radol_voeh@yahoo.com - December 4, 2012

mau nanya nih gan, saya ditilang dan minta slip biru, trus saya tadi udah bayar ke bank, kata pihak bank klo mau minta uang kembalian harus ada cek dari pengadilan gan, klo hanya kuitansi apakah bisa ngambil uang kembalian itu gan nntinya?

erron - December 4, 2012

gan kalau boleh tau ditilang kenapa ? terus minta slip biru berapa dendanya ?

tqu

radol_voeh@yahoo.com - December 5, 2012

ane nerobos lampu merah dendanya 250rb gan

fncounter - December 5, 2012

Yang dimaksud bank tersebut adalah bukti bahwa msbro mengikuti sidang dengan mendapatkan surat keterangan denda normal pada waktu sidang kemudian surat tersebut yang kemudian dijadikan bukti ke bank sehingga kembalian bisa diambil.

65. radol_voeh@yahoo.com - December 6, 2012

jadi ane ga perlu bawa bukti cek kaya yg teller bank bilang gitu gan?
ane hanya cukup membawa bukti bhwa ane ikut sidang dan membawa surat keterangan denda nominal doang gitu?
besok ane sidangnya nih gan

fncounter - December 6, 2012

Sebenarnya bukan cek gan, tapi bukti pembayaran denda sidang. Ini yang dibawa.

66. Nasip - December 6, 2012

Gan, ane td d tilang gak pake helm,n gak bawa dompet ,otomatis SIM n STNK gak d bawa, maklum ane didaerah terpencil didaerah Timur Indonesia,.ane minta slip biru tapi nominal denda tidak ada dan disuruh dateng sidang… nah langkah terbaik selanjutnya gmn gan,..agar motor ane bisa d ambil lg.THX b4

fncounter - December 6, 2012

Datangi saja sidangnya, jika dipanggil silahkan bayar denda waktu sidang. Jangan lupa minta bukti bahwa telah membayar denda tilang untuk syarat ambil motornya

67. Naufal - December 11, 2012

Misi Gan , ane kan kan tgl 8 Desember ditilang karena temen ane dibelakang gak pake Helm . Terus ntar sidang tgl 14 Desember . Pas ditilang polisinya ngasihtau denda nya 250 ribu . itu bener apa nggak ya gan ? gede amat nominalnya :’( …. mohon jawabannya gan . makasih banyak

68. dea - January 19, 2013

senin kemarin w kena tilang cuma gara gara ga nyalahin lampu. w sempet kesel sih abis w pikir siang siang nyalahin lampu ( peraturan yang aneh ). tapi giliran ada tentara ga pake helm di lolosin aja. w sempet ribut ma tuh polisi. w dapet yang warna biru ( dari pada w suap, najixx deh meningan ambil aja tuh sim) trus harus di bayar di bri kira kira dimana ya tempatnya buat bayar di lokasi jakarta. ada yang tau ga??

69. dea - January 19, 2013

sorry jakarta timur ;-)

70. v - January 22, 2013

slip biru maksimal 50.600 rupiah. masak bang. kemarin ane ketangkap di semarang gara-gara ngelanggar lampu merah, di kasih slip biru dendanya 500.000 rupiah bang. waduh, (tepok jidat.) untung kagak ane ambil.

fncounter - January 23, 2013

Nominal segitu itu sebelum adanya wacana denda maksimal untuk slip biru masbro

71. okky - January 24, 2013

saya numpang tanya gan : sore saya pulang k kampung, d tengah prjalanan ada razia terus saya ditilang, sim saya sudah mati, stnk ada, polisinya bilang ditilang dan motornya harus disimpan di pos polisi sampai proses sidang selesai.
Pertanyaan saya : apakah polisi berhak menahan motor cuman gara2 sim saya yg mati? jadi mau tidak mau saya berdamai (200 rbu) kalo gak damai ya motornya ditahan dan jarak kampung saya masih jauh kira2 45 km lg. trims gan atas jawabannya

72. titin - January 25, 2013

siang bos,.. mau nanya nih,.. tadi siang saya kena tilang karena melanggar markah jalan,.. daripada damai saya minta sidang aja,.. trus saya dikasih slip merah,. sebelum dikasih di nawarin nitip apa jadi sidang mas?? kalo nitip dia bialang bayar 60000 aja,. akhirnya tetep saya minta sidang aja,.. ya pikir saya biar saya g berbuat salah lagi dengan nitip,.. pertanyaan saya,.. apakah denda disidang nanti akan lebih besar dari permintaan nitip tadi??? makasih sebelumnya,..

fncounter - January 25, 2013

denda sidang tersebut merujuk pada denda minimal. biasanya nggak lebih dari 50rb.

bebekungu94 - January 26, 2013

okei makasih ya mas,. coba entar tak buktiin,..hehehe

fncounter - January 26, 2013

Loh, kok dibuktiin? Sebisanya dihindari pelanggarannya ^_^

73. hEnjo - January 25, 2013

Salam mas,, klu kita milih slip biru,, smentara d slip biru tidak trtera nmor rekening,,dan kita sndri jga ga tw nmor rekening yg uang’a pst msuk k kas negara,
Klu plisi yg kita tnyain trmsuk plisi nkal,, trus mlah ksh nmor rekening milik’a,, gmna tuh mas bro,, bkan’a tmbh ribet,, ????
Mnrt sya slip ga efektif,, hrus’a klu mw mnediakan slip biru,, d dlam slip biru itu jga hrus ad no rek untuk kas negara,, jd ga repot” msh tnya plisi,, aplg ampe berdebat28F83A17

fncounter - January 25, 2013

Kalau ragu rekening tersebut milik petugas yang bersangkutan kan bisa dicek tuh di BRI karena BRI yang ditunjuk untuk setor denda tilangnya. Hak kita untuk menanyakan no rekening banknya, jadi jangan ragu menanyakan.

hEnjo - January 25, 2013

Mksih infonya,, tpi rasanya akan lbih efektif jika d slip birunya udah ad rek. Itu mmdahKan pmbyaran d’saat BRI tutup,, bsa lgsg via ATM..
Ap sbab’a slip biru tidak d serakan nmor rek??? Jika mas bro tw,, smga tdak kbrtan share k saya,, krna saya blum mnemukan jwbn’a.. Thx b’fore

fncounter - January 26, 2013

Saya juga belum tahu mas, prosedur yang benar harusnya petugas memberitahukan rek.bni kas negara kepada pelanggar. Nah bukti pembayaran berupa struck ataupun bukti setor tunai bisa dijadikan bukti sudah membayar denda.

74. Hadi Sumantri - January 28, 2013

mas bro saya mau tanya.. tadi siang sya habis ditilang ngak punya sim dan lewat jalur busway dan dapet kertas tilang warna merah.. kira-kira berapa ya gan?

fncounter - January 29, 2013

Merujuk denda maksimal sekitar 500rb. Kalau mengikuti sidang biasanya lebih ringan.

75. Dêsen Métalhead Jusqu'à Mourir - January 30, 2013

mas bro,,
aq kena pasal 285 ayat 1 uu LAJ,,n aq minta slip biru
kalau tidak dibayar lewat bank gimana, tapi aq mau ikut sidang?
sidang tgl 8 feb,,aq ketilang kemarin…
jawabannya ya,,soalnya bru prtama dpet slip biru…
\m/erci beaucoup…

76. peto syarif - February 16, 2013

mo nanya mas:
1. klo pilih slip merah apkh di PN nanti gak ada punglinya?
2. klo lampu sein dibikin smoglamp bakaln kena jg gk?
3. knp y motor kode wilayah A plg suka dicari2 kesalahan’y oleh polisi di wilayah B walaupun msih satu provinsi? jd’y spt preman aj: “eh lu jgn macam2 di wilayah gue” gt..
smoga gk pernah kena tilang / ktemu sm polisi berkelakuan preman (pdhl tuh seragam rakyat yg beliin)
itu aj mas, mksh (mudh2n dijawab)

77. haryanto 21 february 2013 - February 21, 2013

saya melanggar lalu lintas gak punya sim stnk ada saya di kaih slip merah tapi kenapa yang di tahan motor saya seharusnya kan stnk nya akhirnya terpaksa saya damai 100 ribu daripada saya pulang jalan kaki ,,,,,,,,pertanyaan apa boleh polisi menahan motor padahal stnk ada ,,,,,,,,,,

fncounter - February 24, 2013

Harusnya memang kebalikannya. Tp beruntunglah, petugasnya malah berbaik hati hanya menahan motornya. Alangkah baiknya, setiap berkendara semua surat lengkap kita miliki.

78. arter - February 26, 2013

Numpang Sharing ya mas….trims

79. Aman - March 7, 2013

saya baru kena tilang mas bro,,berboncengan naik sepeda motor yang sy bonceng tdk pake helm,,,sy minta slip biru tp tdk tertulis nilai yang mau sya bayar dan no rek tujuan.

Pertanyaan berapa nilai yg harus sya bayarkan, dan ke rek apa mau distorkan?

Terima kasih mas bro
mohon jawaban nya.

fncounter - March 7, 2013

Kenapa tidak meminta penjelasan petugasnya? Harusnya kalau belum mengerti minta penjelasan sejelasnya. silahkan msbro baca pengalaman teman2 semua di kolom komentar, biasanya bank yang ditunjuk BRI

80. yogi irawan - March 14, 2013

bermanfaat mas broo ,, yg belum ngerti juga suruh sekolah lagii tu .

81. arrozy ghalib - March 23, 2013

mas sy pengen tny…….kalau ditilang kenapa motor nya sampe ditahan..pdhl STNK ada.yg jd maslah cm gak ada spion.apakah ada UU yang mengatur itu

fncounter - March 28, 2013

Spion itu bagian penting dari keselamatan berkendara. Bila tidak dilengkapi spion efeknya bisa membahayakan diri dan orang lain mas. Sudah ada UU yang mengatur hal tersebut.

82. BhieNEka - March 28, 2013

penulis ini polisi ataukah orang yg mempelajari system demikian??
hmm salut deh (Y)

Bila msbro/sis bermaksud mengurus kembalian denda yang dibayar pada slip biru, saya sarankan lebih baik Pilih SLIP MERAH.

yg ini maksudnya gmn :|

fncounter - March 28, 2013

Saya bukan polisi mas, saya lebih kepada mempelajari sistem untuk saling di share disini. Tentunya jika saya kurang mengerti akan sebuah penjelasan, saya turut bertanya pada teman-teman korlantas.

83. anna - March 31, 2013

mas. saya ingin tanya.. kalau saya ketilang dan sudah salah meminta slip biru apakah ketika ikut pengadilan bisa diwakilkan?

fncounter - April 1, 2013

Apakah ada yang ditahan saat ditilang? Untuk mengambilnya biasanya yang bersangkutan diharuskan datang sendiri.

84. rara - April 10, 2013

nanya mas,, seminggu yg lalu saya kena tilang gara2 gak bawa STNK,, trus minta slip biru,, polosi nya kesal,, dia bilang,, kamu tau bayar dimana,, saya bilang,, kan ke bank BRI,,polisinya bilang emang kau tau BRI dah krja sama dg polisi,,, saya jd bingung trus mintak slip merah dia gak mau kasih lg,, pas mo bayar ke BRI saya bingung BRI yg mana,, saya balik lg eh petugas nya gak ada lg,, yg mo saya tanya. dimana saya bisa ambil SIM saya yg ditahan,, soalnya saya gak tau nama polisi yg nilang saya,,, sampe sekarang saya juga belum bayar denda.. satu lg mas,, batas waktu bayar denda berapa lama???
tolong di jawab mas,,
soal nya saya bingung bangat ne

85. Arman - April 18, 2013

Mas bro Nama saya arman:..mau tanya sekaligus mau berbagi pengalaman. Saya melakukan perjalanan Jakarta – Pekanbaru lintas Timur .tgl 4 April 2013 sekitar jam 3 sore di daerah Lampung Kab Mesuji, saya diberhentikan polisi karena ada Razia, saat pemeriksaan saya menunjukan kelengkapan surat-surat (SIM A & STNK) oke..so Polisi (Ardi) bertanya segitiga merah dan kotak P3K Mana? waduh harus nyari-nyari tapi dalam hati saya udah yakin klo P3K emang ga ada..akhirnya saya diminta turun dan menyelesaikan dibawah(diluar kendaraan). polisi nanya macam: mau kemana, tinggal dimana, dengan siapa aja? dan menjelaskan semua fungsi2 dari kelengkapan berkendara.dst. krn saya tidak punya kotak P3k maka dia akan memberikan denda atas pelanggaran itu…so terpaksa saya bila oke…dan memberikan solusi dia bilang saya akan bantu membayarkan titip denda yaitu 100rb dan kami pun boleh melanjutkan perjalanan tanpa pikir panjang saya bilang oke..lalu dia mencatat semua ID dan minta KTP. saya kembali kemobil dan mengambil dompet. Tiba-tiba dia tanya apakah anda keluarga anggota sayapun bingung..lalu saya jawab bukan. so dia tanya lagi dan jawaban saya sama..lalu dia minta saya jujur dan dia menjelaskan alamat yang tertulis di SIM saya “Aspol”. dia bilang akan membantu saya kalau saya jujur bahwa saya bagian dari kaluarga anggota, saya dengan tegas menjawab bapak silahkan melakukan tugas dan saya akan bayar denda pelanggarannya, lalu saya menjelaskan bahwa saya memang ada keluarga anggota polantas, tapi saya lebih senang membayar denda karena saya tidak mau hal sepele seperti ini membawa nama keluarga. polisi itu terseyum dan berkata: karena anda jujur maka anda boleh melajutkan perjalanan sambil memberikan SIM & STNK dan mengatakan saya(polisi) pun akan merasa terbantu bila ada keluarga saya mengalami seperti ini. saya pun menjawab oke dan terima kasih. dan polisi itu mengingatkan untuk melengkapi kotak P3k. demikian pengalaman saya:
Pertanyaan: apakah memang ada istilah titip denda?

86. Rizki Freeman - May 5, 2013

aduuhh biyuungggggg………. pusing di tilang meski gimane…
mana denda sampe Rp. 1.250.000
hamsyonglah dunia persilatan…..

87. Farhan - May 17, 2013

1.Ane barusan ke pengadilan tpi pas mau ngambil stnk tapi stnknya blum trun. gimna nih mas bro kira kira sntknya trun kapan?
2.ane dapet slip merah tpi di situ tidak tercentang nominalnya, jdi saya harus bayar brapa?

fncounter - May 18, 2013

1. Apa tidak ditanyakan sekalian kapan turunnya?
2. Slip merah berarti mengikuti sidang, jadi ikuti sidang dulu baru nanti kita tahu denda yang harus dibayarkan

88. Agus - June 3, 2013

Saya pernah kena denda maksimal 500rb. boleh ga cman dibayar 100rb aja toh disitu tulisannya Denda Maksimal yang Dititipkan, brarti Kita memang kena Denda maksimal cman itu kan titipan jadi nanti sisanya bisa diambil lagi so ga perlu bayar denda maksimal kan?? cman secukupnya aja.

89. Agus Berhati Nyaman Mustofa - June 4, 2013

tepatnya 3 juni 13 pada perjalanan bandung serang,( perjalanan malem) bawa mobil box T120 ss mobil saya mengalami konseleting pada soket lampu be;akang dan sepedo meter yang kena imbasnya,
pas di tol cipularang kita di jalaur dua pelan pelan,pas di depan saya ada PJR, pelan 2 kemudian mereka menyug untuk menepi dan ngak sadar lampu belakang yang mati sya ngaku salah, minta slip biru dgan denda maksimal 500 rb ( cape dech)(kalau sidang jauh,kemudian ambil jalur damai ,kemudian melanjutkan perjalanan, eeeh kemudian di kerawang ada PJR lagi di rusuh menepi lagi ,masih dengan kasus yang sama alhamulillahnya mereka mengerti ngak di tilang cuma di ingetin suruh pake lampu segitiga ,sya terima kasih banget mereka mau memahami, dan melanjutkan perjalanan lgi sesampainya di tol cawang ketemu lagi sama PJR dan di suruh menepi lagi masih dengan kasus yang sama,dan yang kali ini oknum PJR yang ini bener2 bukan manusia mereka ngak mau ngerti dan ngak mau tau masalahnya, alasanya kalau mati ya mati aja tetep harus di tilang ,kemudian minta slip biru di kasih denda maksimal dan sya jelasin lagi masalahnya dan mengerti dengan catatan ada uang rokok,ok saya kasih 20 rb
dan kemudian masuk mabil sialnya lagi mibil akinya mati imbas dari konseling di awal perjalanan, saya ambil rokok dan minum di pinggir tol sambil perfikir ,eeeh pas lagi ngrokok di seberang jalan melintas lagi PJR dan mau puter balik ,saya pun dah pasrah kalau kalau mau di tilang tah suruh bawa tu mobil ,tp kayaknya mereka tau kalau mobil macet , ngak lama kemuudian dateng mobil derek dengan branding SATLANTAS kemudian sya tanya biayanya berapa pak biayanya
mereka jawab gampang itu mah yang penting mobil keluar dulu ,ya oke lah kalau begitu , dan akhirnya mabil di derek sampai kuningan ,
dan kembalai menanyakan ongkos dereknya , dan mereka menjawap tanpa basa basi 2 jt mas (mantep) padahal uang di kantong tinggal 60 rb
pengamatan
-plisi tiap mau menanyakan perlengkapan syrat2 hanya sim saja
-ngak pernah mengecek isi dalam mobil box saya
-lebih ke arah nego
- ada oknum PJR yang ngak mau turun dari mobil menanyaka hanya lewat cendela mobil petugas

kesimpulan
-mereka tidak rial menjalankan tugas (hanya cari…………?)kalau ada BoooM baru
-bukannya membantu masalah yang kami hadapi tp malah bikin kita pusing selalau
-uang adalah segalanya

jadi inget pepatah

“JIKA ADA USAHA di situADA JALAN ”

Mario teguh

J”IKA ADA JALAN disitu ADA USAHA”
PJR

fncounter - June 4, 2013

Terima kasih mas, sudah berbagi pengalaman disini. Semoga ada ketegasan dari pusat untuk menindak petugas ‘nakal’ seperti itu.

90. deni sumarna - June 11, 2013

Saya di tilang pas razia, ko d kasih surat nya warna putih, itu tanda nya apa ya?

91. A.H. Nurdin - June 12, 2013

kalau kita kena tilang, lalu kita pilih slip warna biru dengan konsekwensi kita harus bayar denda Maksimal, dan yang pasti dari denda maksimal tersebut pasti ada kelebihan uang yang kita setorkan melalui Bank BRI karena di Pengadilan kita pasti dikenakan denda Minimal… pertanyaan saya adalah, kalau kita tidak urus/ambil uang kembalian itu, apakah uang kembalian tersebut masuk ke Kas Negara atau diberikan kepada polisi yang menilang kita ? atau menjadi keuntungan Bank ?

fncounter - June 13, 2013

SLip biru – denda maksimal – masuk kas negara

92. iing - June 19, 2013

Mas bro mau tanya, tadi pagi saya kena tilang gara2 masuk jalur busway. saya dapet slip merah dan disarankan sidang di MT Haryono. Karena saya males sidang, saya ajak damai, tapi tetap ga mau dgn alasan surat tilang saya ada 5 rangkap.
Polisi itu tau saya orang media karena liat di motor saya ada stiker kantor dan dia tanya ID Card saya. dia bilang, kalau mau damai knp dari awal ga bilang kalau dari media, kenapa diam aja. Kalau sudah terlanjur ada surat tilang, harus tetap sidang.
Saya bilang, saya ga ada waktu untuk ikut sidang. Polisi ini malah suruh saya diwakilkan aja, dan suruh bilang dari media.
Itu gimana ya mas bro? Thx before.

fncounter - June 19, 2013

Wah…aneh2 aja petugasnya. Mana ada perkecualian untuk media. Lebh baik diurus aja mas sesuai prosedurnya….atau diwakilkan dg menitipkan tanda pengenal..

93. andi - July 15, 2013

mohon ptujk mas bro, pagi ini saya kna tilang, karna pnumpg yg saya bawa tidak pakai helm (psl. 291(2)). terus saya mintak slip biru, tpi saya sbnarnya tidk tau prosdr pembayaran dengan slip biru itu, mohon petunjuk.

fncounter - July 15, 2013

Monggo dibaca lagi masbro, sudah jelas penjelasan diartikel ini

94. Saor Liebee Manullang - July 25, 2013

Penting

masbro
kmaren ane kenak tilang gara2 gak pakek helm,,,
gak bisa damai karna razia gabungan,,
trus stnk ane di tahan,,
disuru ambil di pengadilan,,trus stnk ane itu dah mati 2 tahun,,

denda nanti di pengadilan berapa y???? (biar tahu bawa uang berapa)

thanks

fncounter - July 25, 2013

Sayangnya saya kurang tahu total dendanya msbro. Kalau kasus seperti itu, denda akan dikenakan hanya karena pelanggaran tidak memakai helm saja. Mengingat stnk mati melebihi ketentuan masa berlaku stnk bisa saja nanti dimasukkan denda total juga.

95. awalianto - July 29, 2013

selamat siang mas bro, saya ingin menanyakan prosedur denda tilang melalui Bank BRI. hari kamis tanggal 25 juli 2013 saaya kena tilang, dan saya memilih form biru, saya sudah transfer denda maksimal sesuai yang ditulis pak polisi, kata polisi setempat bisa mengambil sisa denda setelah pengadilan diputuskan. tetapi saya menanyakan hal tersebut ke beberapa polisi tetapi jawabannya berbeda-beda. Mohon bantuan mas bro untuk menjelaskan lebih detail. trima kasih

fncounter - July 29, 2013

Prosedur ambil kembalian denda maksimal sudah saya jelaskan di artikel ini didukung dengan komentar rekan-rekan dikolom komentar. Jawaban berbeda dari petugas bisa saya artikan tidak semua mengerti prosedur tersebut secara baik. Yang jelas jika ingin mengambil kembalian jadi mirip dapet slip merah yaitu dengan menghadiri persidangan.

96. Zumini Az - August 25, 2013

sbnarnya biaya untuk pengurusan SIM C – A brapa y mas broo..??? & prosedurnya gmn y..

fncounter - August 26, 2013
Zumini Az - September 7, 2013

thank u mas bro..

97. hanidati - September 19, 2013

waduh kalau urusan sama polisi lalu lintas emang harus pakai duit, ujung-ujungnya duit…

fncounter - September 20, 2013

Nah, pada mengeluarkan duit tp arahnya yang berbeda.

98. ihsan - October 13, 2013

selamat pagi mas bro
saya ingin menanyakan ttg prosedur denda tilang
saya kemarin malam (12 oktober 2013) baru pertama kali kena tilang nih ( razia ) kebetulan razianya di dpn kantor polres dan disuruh masuk
stlh dilihat ternyata sim saya sudah habis masa berlakunya saya (yg saya kira masa berlakunya habis tahun 2014 ternyata 2013) dikasih slip warna merah, tapi pas udh keluar polres saya liat2 lagi polisi tdk mencantumkan brp denda yg harus saya bayar, sebelumnya polisi itu sempat bilang sm saya “nanti datang disidang ya tanggal 22 bln 11, tapi kalo kamu gk ada waktu bisa datang langsung ___”(nama tempatnya lupa gan, langsung lupa mendadak gara2 bingung harus gimana. hadeh…)
yg jadi pertanyaan saya brp denda yang harus saya bayar?
bagaimana prosedur selanjutnya yg harus saya jalani?

ihsan - October 13, 2013

satu lagi mas bro, yg ditahan adalah stnk (bukan sim saya)

fncounter - October 13, 2013

karena mengurus stnk lagi itu lebih rumit daripada membuat SIM baru :D

fncounter - October 13, 2013

Silahkan msbro mendatangi sidangnya, nanti denda yang harus dibayar akan disebutkan. Untuk prosedur nitip denda tilang ke petugas belum saya ketahui prosedurnya atau mungkin hanya akal-akalan petugas nakal untuk fee nya. Akan saya cari tahu lebih lanjut untuk hal ini.

99. mustafa - October 26, 2013

saya mau tanya ne mas!
untuk mobil mini bus, penumpang di belakang wajib gak pkek sabuk pengaman? saya pernah kena tilang gara2 itu. padahal setahu saya diundang2 cm pengemudi danpenumpang disamping pengemudi yg wajib pakek sabuk pengaman

100. amin - October 28, 2013

Mau nanya mas, apa hukum n pasal bagi pengendara roda 4 yg tidk memiliki sim A, dan mengapa pengendara yg mengendarai dgn menggunakan jasa kursus stir mobil bebas di kawasan tertib lalu lintas, semntara mereka belum memilki sim A.
Bisa gk kalau kita tunjukkan sim A penumpang?

fncounter - October 29, 2013

Menurut sepengetahuan saya, mengendarai jenis kendaraan tertentu wajib pula memiliki surat ijin mengemudi kendaraan tersebut. Untuk kursus mobil, setidaknya mereka didampingi oleh intrukturnya. Entah apakah ada ketentuan khusus tentang menjadi instruktur kursus mobil atau tidak.

101. ridwan - October 29, 2013

saya dari aceh:
tanggal 24 oktober 2013 saya ditilang alias razia di seputaran teupin punti aceh utara,razia di laksanakan oleh ptugas polres aceh utara,
saya memakai sepeda motor menuju banda aceh,sesampai lokasi razia saya di stop,
di mintai kelengkapan sepeda motor,sebelum saya mengeluarkan surat/kelengpan yang di maksud saya terlebih dahulu mematikan kendaraan saya..begitu saya matikan kendaraan saya mereka langsung memvonis kesalahan saya.yaitu sepeda motor kamu tidak (hidup lampu).
masuk akal tidak…..???
sepeda motor saya sudah saya matikan gmn mau hidup..
malah mereka ambil surat2 saya secara paksaan untuk membayar denda 150.000
nama polisi yang tahan :
Andre

fncounter - October 29, 2013

Jika memang kronologinya seperti tersebut, berarti petugas melanggar tahapan2 saat memberhentikan pengendara meskipun mereka memiliki wewenang untuk hal tersebut. Monggo msbro tindak lanjuti ke akun facebook humas polri, insyaallah mereka akan membantu untuk tindak lanjut kesalahan prosedur yang dilakukan anggotanya.

102. iyeck - November 4, 2013

saya ditilang kok di kasih slip warna putih.kenapa n mengapa? tolong bales ya

fncounter - November 4, 2013

waduh ndak pernah tau tuh slip putih,,, apa pengadaan kertas slip tilang seret kayak stnk ya…

103. Muhaimin - November 22, 2013

Mas bro kalo kena tilang kurang lebih 1tahun apa masih bisa di ambil?mohon keterangannya.

fncounter - November 22, 2013

Yang ditahan apanya masbro? STNK atau SIM

rivan - November 25, 2013

om, ane ditilang karena istri ane ga pake helm, kira-kira disidang abis berapa ya??

104. ana - November 30, 2013

mas bro, apa bener sih ada aturan tilang kalo boncengan trus yang dibonceng nggk pake helm, motor ditahan padahal surat2 lengkap semua…

fncounter - November 30, 2013

betul, itu terdapat pada undang-undang lalu lintas angkutan jalan sis.
Mengutip pada UULAJ 14/1992 tercantum pada pasal 23, 69 dan 70 tentang kewajiban berkendara dengan helm :
“Kewajiban menggunakan helm bagi pengemudi atau penumpang sepeda motor maupun kendaraan bermotor roda empat atau lebih tanpa dilengkapi rumah-rumah.”

Sedangkan mengutip pada UULAJ 22/2009 terdapat pada Pasal 291 ayat 1, berikut penjelasan pasalnya :

(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak
mengenakan helm standar nasional Indonesia
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8)
dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu)
bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua
ratus lima puluh ribu rupiah).

(2) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor yang
membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8)
dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu)
bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua
ratus lima puluh ribu rupiah).

—————–

Pasal 106
Ayat (1)
Yang dimaksud dengan ”penuh konsentrasi” adalah setiap orang
yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan penuh
perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah,
mengantuk, menggunakan telepon atau menonton televisi atau
video yang terpasang di Kendaraan, atau meminum minuman
yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga
memengaruhi kemampuan dalam mengemudikan Kendaraan.

+++++++++++++++++++++++++

Demikian penjelasan dari kutipan undang-undang yang berlaku saat ini

105. teo pratama - December 9, 2013

Mas bro baru saja saya kena tilang karena tidak punya sim A, terus dikasih tilang warna merah….kira-kira dendanya bisa kurang dari satu juta ga ya?

fncounter - December 9, 2013

Ikut sidang aja mas, sebagai pengalaman. Tidak akan sampai satu juta kok. Mungkin kisaran dibawah 200rb klo ndak salah.

106. teo pratama - December 9, 2013

Yup Makasih…

fncounter - December 9, 2013

Sama2 mas

107. reza - January 17, 2014

Tapi kalo dalam surat biru tidak tercantum nama dan nominal rekening yang akan dibayarkan , cuman bank bri cabangnya gmana sedangkan di pojok kanan atas dalam ruang buat terdakwa dari nominal 100rb , 250rb , 500rb , 750,000 dan 1 ,5jt dan dilingkarin yang 750rb dan diruang untuk bank tidak tercatat nominal dan nomor rekening bankapakah kita harus bayar bank bri yg dtunjuk kesiti sdangkan pasal dalam surat merah jauh lebih murah ,

108. roma firdaus - March 8, 2014

Mas bro mw nanya,
saya kan kena tilang trus saya minta slip biru,,lalu polisi menulis diatasnya “pelanggar meminta slip biru” dengan lingkaran denda 500rb..
Tulisan itu apa mksudnya?? Makasih mas bro..

109. Jor - March 21, 2014

Mas, abis kena tilang kemaren dari klr tol mau ke sudirman. Pelanggaran 3in1
Aku minta slip biru dan di kenakan denda maks 500rb.
Pertanyaan saya:
Setelah saya melakukan pnyetoran d bri. Saya harus mengikuti sidangnya dimn dan kapan? Thx seblmnya

fncounter - March 23, 2014

Memilih slip biru gugur kewajiban mengikuti sidang

110. tegar atsal - April 14, 2014

Pak numpang tanya , apa benar kalau KTP mati pada saat bayar pajak motor kena denda , dan apa dasar dari denda tsb.

111. lastiani - April 16, 2014

Boleh nanya gak??,,, terus klo seumpama nie polisi ada rasia terus yang berhak di tilang sama mereka apa???!!,,,,,

fncounter - April 17, 2014

Sebagai dasar dari pertanyaan sis lastiani, petugas berhak memberhentikan pengguna jalan dalam hal ini pengendara kendaraan bermotor, menanyai tentang kelengkapan mengemudi dari pengendara yang bersangkutan. Tentang kreteria ditilang, lebih baik membaca kembali UULAJ NO.22 TAHUN 2009 banyak kewajiban pengguna jalan yang perlu diperhatikan sehingga hukuman pun dapat terhindarkan

112. ELindt MuchieLz - April 17, 2014

saya mau tanya kemaren saya kena tilang gara2 mslah lampu saya HID,knalpot saya racing, tidak ada list pada kapnya atau polos warna standar sesuai stnk
padahal mtor besar tidak apa2 memakai knalpot racing dan mobil aja bnyak pke HID tpi nda kna tilang

emng bner kah mtor saya HARUS d tilang dengan keadaan tersebut ??
kira2 nanti pas saya d pengadilan bawa uang brpa yea soalnya tdak d sebutkan besaran dendanya??
tlong d balas yea
seblumnya terima kasih

fncounter - April 18, 2014

salam mohon maaf terlambat membalas karena kesibukan. Penggunaan lampu HID (headlamp warna putih) pada kendaraan baik motor dan mobil itu diperbolehkan, so tidak ada larangan itu pemakaian HID.

Sedangkan untuk knalpot racing, memang banyak parameternya yang melarang barang ini. Yang paling utama dikarenakan kebisingan suaranya yang melebihi batas kebisingan yang ditentukan, berapa db nya lupa saya bro. Itupun juga dikombinasikan dengan peraturan daerah setempat untuk lebih memperkuat peraturan yg sudah ada.

Untuk besaran biaya denda, jika masbro datang sidang saya rasa tidak sampai 50rb an. Mohon maaf kalau ada kekeliruan.

113. Aris - April 17, 2014

kemarin tgl 14 april saya ditilang krna msuk jalur cepat khusus mobil, saya minta slip biru trus byar denda max 500rb udah saya bayar via bank bri yg ditunjuk dan langsung saya bayar kemudian sim yg dtahan di kembalikan tpi slip biru dan bukti setoran asli ditahan tpi sebelum’y udah saya fto copy semua.
Yg mau saya tanyakan apa bener prosedur ngambil sim yg ditahan slip tilang biru dan bukti setoran bank asli ditahan polisi buat berkas di pengadilan.?
Trus apa benar jika prosedur ngurus kembalian uang di bank hrus dtang ke sidang? Tpi kenapa pas saya telfon kantor polisi beliau bilang klo slip biru gk usah ikut sidang, klo mau ngurus kembalian langsung ke kejaksaan aja gt,. Trus klo ikut sidang pas wktu sidang apa yg hrus saya minta pada pengadilan utk bisa ngurus Kembalian uang yg di bank,.
Tolong di jawab ya, thanks,.


Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 472 other followers

%d bloggers like this: