Aplikasikan Cakram Belakang Bikin Byson Makin Mantab

Siapa juga sih yang nggak suka gaya, bagi pecinta roda dua merupakan hal mutlak untuk membuat tampilan motor kesayangan menjadi berbeda. Nah banyak cara yang bakal dilakukan pemiliknya untuk memperkuat image motornya mulai dari cat, airbrush dan lainnya.

Pun tak ketinggalan juga, penambahan part untuk membuat tampilan motor jadi gagah saya rasa juga perlu lho. Salah satunya adalah pengaplikasian cakram belakang. Kali ini yang perlu untuk diintip kreasi modifnya adalah Yamaha Byson. Semenjak bergabung dengan keluarga besar Yamaha Indonesia di tahun 2010, Byson menawarkan produk yang berbeda dengan seniornya yamaha vixion.

Tampilan body ALA-Moge, Setang Lebar, Sokbreaker 41mm (ukuran yang lumayan besar untuk motor standart), Velg depan dan belakang berukuran 2,5 inchi dan 3,5 inchi, ban gambot. Membuat mata yang melirik bakal berfikir motor ini adalah sempurna. Meski teknologi mesin nya terbilang konvensional namun nilai tambah diatas lah yang membuat pecinta roda dua tak ragu meminangnya.

Namun dari kekarnya tampilan Byson, masih ada yang kurang pas mzbro. Yup, sangat disayangkan karena disektor kaki2 bagian belakang Byson masih menggunakan perangkat ciet bermodel Drum, rasanya kuno mzbro. Memasang cakram belakang untuk Byson sangat disarankan untuk byson owner yang ingin tampil lebih percaya diri. Bisa menggunakan set cakram satria 2 tak namun pastinya ada beberapa ubahan untuk bisa disesuaikan dengan Byson.

Part modifikasi yang perlu dipersiapkan berupa cakram, dudukan cakram (adaptor), kaliper, master dan slang rem. Berikut langkah-langkah pengaplikasiannya :

1. Buat dudukan master di footstep. Dimal dulu pakai kertas, setelah jadi baru bikin dari pelat 2 mm, kemudian tuas rem belakang bagian ujungnya mesti dipotong, lalu disambung ulang dengan posisi lebih mundur.

2. Untuk bagian velg. Lepas gir dan damper (karet tempat braket gir). Dibaliknya terdapat 4 buah titik bundar, bor 4 titik tersebut untuk membuat lubang dengan memakai mata 8 mm, ini digunakan untuk tahanan baut pemegang adaptor cakram.

3. Kemudian pasang adaptor cakram dan cakramnya, pakai baut L (besarnya sesuaikan lubang baut di cakram) sepanjang 2 cm.

4. Pasang kembali velg, lalu buat dudukan kaliper sekaligus bos as roda, juga dimal dulu pakai kertas. Bila sudah dirasa pas, buat dengan memakai pelat besi 8 mm agar kokoh.

5. Sebagai tambahan, untuk kualitas cakram saya rekomendasikan jangan menggunakan part KW dikarenakan karakternya yang mudah berkarat. Beli part original cakram suzuki smash atau shogun yang serupa bentuknya dengan cakram satria 2 tak.

(fnc)

 

Sumber Gambar : Otomotifnet

About fncounter

Just a Simple Life

Posted on November 15, 2011, in Modifikasi, Yamaha Byson and tagged . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. Walah bro, pengalaman ama karat d cakram belakang lamanya ya.

    :-))

  2. Bantu ane nih,, ref donk bengkel yang paham banget soal pasang cakram belakang byson, Thxxx

    • Yang saya tau cuma dimalang mzbro.
      Referensi bengkel :
      – Roda Jaya Motor (Jl. Borobudur, barat plaza elektronik)
      – Karunia Motor (Jl. Borobudur, barat plaza elektronik)
      – Champion Motor (Jl. Bendungan Sutami, Bila dari jl veteran(matos), kebarat ada pertigaan ITN itu ke kiri ke arah Jl Galunggung)

  3. mtr bison saya uda d pke in ckram blakang kenapa setiap pengereman selalu bunyi yaaaa….??????

  4. Klo cakram depan bison, bs dipasang buat cakram diblkng gak bro??

    • Bisa saja msbro, pilih adaptor polos shg bisa bor lubang baut sendiri. Mengingat luas cakram depan yg cukup lebar saya sarankan jangan memakainya. Cukup cakram yang berdiameter kecil saja.

  5. tu braket penahannya bikin sendiri to kang?

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 780 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: